TERAPI RUQYAH TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN JOLO SUTRO AL-HIKMAH TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH

IRFAN, AL HADY (2021) TERAPI RUQYAH TERHADAP ORANG DENGAN GANGGUAN JIWA DI PONDOK PESANTREN JOLO SUTRO AL-HIKMAH TERBANGGI BESAR LAMPUNG TENGAH. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SEKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Orang dengan gangguan jiwa adalah manusia yang memiliki gangguan emosional yang berlebih dan tidak mampu mengandalikan dirinya sendiri. Maka mereka membutuhkan upaya pengobatan agar dapat sembuh dari gangguan jiwa. Salah satu cara untuk mengobati orang dengan gangguan jiwa adalah dengan menggunakan terapi ruqyah. Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah merupakan salah satu lembaga yang menyelenggarakan terapi ruqyah untuk membantu mengobati orang dengan gangguan jiwa dengan menggunakan terapi ruqyah. Untuk itu penulis tertarik untuk meneliti tentang bagaimana proses terapi ruqyah terhadap orang dengan gangguan jiwa di Pondok Pesantren Jolo Sutro AlHikmah terbanggi besar lampung tengah. Dalam penelitian ini metode yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan jenis pendekatan deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah 1 orang terapis, 1 orang pimpinan pondok pesantren, dan 3 orang dengan gangguan jiwa. Kemudian teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Terapi Ruqyah Terhadap Orang Dengan Gangguan Jiwa Di Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah Terbanggi Besar Lampung Tengah menggunakan 3 tahapan yakni tahap awal yang meliputi berwudhu, mempersiapkan air mineral, duduk melingkar menyerupai huruf U, dan menjelaskan kepada santri untuk membaca surah Al-Fatihah dan tauhid. Tahap proses yakni terapis membaca kitab ruqyah kepada santri. Tahap akhir yakni santri meminum air madu yang sudah dibacakan bacaan ruqyah. Pondok Pesantren Jolo Sutro Al-Hikmah juga menggunakan 2 macam metode yaitu metode kelompok meliputi santri secara berkelompok diajarkan shalat, mengaji dan diberikan terapi ruqyah. Kemudian metode tidak langsung yakni memberikan air madu kepada santri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 09 Feb 2021 04:47
Last Modified: 09 Feb 2021 04:47
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13192

Actions (login required)

View Item View Item