PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN MENJAHIT DALAM PENINGKATKAN KREATIVITAS ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KELURAHAN PAJARESUK KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU

Rury, Mauliana (2021) PEMBERDAYAAN PEREMPUAN MELALUI PELATIHAN MENJAHIT DALAM PENINGKATKAN KREATIVITAS ANGGOTA KELOMPOK SWADAYA MASYARAKAT (KSM) KELURAHAN PAJARESUK KECAMATAN PRINGSEWU KABUPATEN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB 1,BAB2,DAPUS   Rury Mauliana.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI  Rury Mauliana.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (38MB)

Abstract

ABSTRAK Pemberdayaan yang ada di Kelurahan Pajaresuk adalah pemberdayaan yang memanfaatkan potensi sumberdaya manusia yaitu anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) dalam peningkatan kemmpuan yang dimiliki yaitu menjahit. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana proses Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menjahit Dalam Peningkatkan Kreativitas Anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Di Kelurahan Pajaresuk Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu?. 2) Bagaimana hasil Pemberdayaan Perempuan Melalui Pelatihan Menjahit Dalam Peningkatkan Kreativitas Anggota Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Di Kelurahan Pajaresuk Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu?. Adapun tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana pemberdayaan perempan melalui pelatihan menjahit serta mengetahui tingkat keberhasilan pemberdayaan perempuan melalui pelatihan menjahit. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field reserch) sedangkan penelitian ini bersifat deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu, interview, observasi, dokumentasi, dan analisis data kualitatif. Penulis mengambil data dengan mengunakan tehnik partisipan, dari partisipan tersebut penulis mengambil 23 partisipan. Hasil penelitian menunjukan proses pemberdayaan terdiri dari beberapa tahapan. Adapun tahap tersebut yaitu: pertama, tahap persiapan yaitu menyeleksi lokasi yang akan dijadikan tempat pelatihan kemudian terpilihlah kelurahan Pajaresuk sebagai lokasi pelatihan dan mendata peserta yang akan mengikuti pelatihan sehingga terpilih 23 peserta pelatihan. Kedua, tahap pengisian kapasitas berupa wawasan pengetahuan tentang menjahit, serta kreatifitas supaya bertambah pengetahuan dan kemampuannya dalam menjahit. Ketiga, tahap pendampingan berupa pendampingan dari fasilitator dan pemateri saat pelatihan berlangsung dan pendampingan setelah pelatihan selesai. Keempat, tahap evaluasi setelah pelatihan telah berlangsung untuk menilai hasil pelatihan yang telah diberikan kepada peserta apakah dapat dipahami dan diterapkan ilmunya dengan baik. Dengan adanya penilaian tersebut kemudian peserta diberi penghargaan berupa sertifikat telah mengikuti pelatihan menjahit. Pemberdayaan perempuan melalui program pelatihan menjahit yang ada di kelurahan Pajaresuk ini dapat diatakan berhasil. Hal ini dapat dilihat dari peserta pelatihan yang telah mengikuti pelatihan menjahit dapat menerapkan ilmu yang telah didapat untuk meningkatkan hasil produksi jahitnya menjadi lebih kreatif serta inovatif dalam menjahit pakaian dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru secara mandiri. Kata kunci : pemberdayaan perempuan dan peningkatkan kreativitas anggota KSM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Feb 2021 04:32
Last Modified: 08 Feb 2021 04:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13189

Actions (login required)

View Item View Item