DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Study Kasus di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung)

Dini, Dwi Cahyani (2021) DAMPAK PENGGUNAAN APLIKASI TIK TOK DALAM INTERAKSI SOSIAL (Study Kasus di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemajuan teknologi, berkembang sangat pesat memberikan pengaruh kepada kehidupan manusia, kondisi ini juga ditemukan dikalangan siswa sekolah menengah atas (SMA) di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung, mereka juga menggunakan aplikasi yang ada di handphone seperti aplikasi tik tok. Masalah dalam penelitian ini bagaimana dampak positif dan negatif penggunaan aplikasi tik tok siswa di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung dan untuk mengetahui dampak positif dan negatif penggunaan di kalangan siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research), yang bersifat deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung berjumlah 205 siswa angkatan 2020/2021. Dalam penelitian ini penulis menggunakan jenis sampel yang didasarkan atas ciri-ciri atau sifat-sifat tertentu yang dipandang memiliki keterkaitan yang erat, sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 12 informan (10 Siswa, 1 Wakil Kepala Kesiswaan, 1 Wakil Kepala Kurikulum) adapun prosedur pengambilan data dalam penelitian ini yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian menggunakan teknik deskriptif analitik yaitu data yang digunakan penulis dalam penelitian ini setelah data terkumpul, kemudian data di pilih terlebih dahulu. Selanjutnya penulisan mengolah dan menganalisis dengan teknik deskriptif analitik. Temuan penelitian ini adalah pertama penggunaan aplikasi tik tok dapat menghambat dan juga dapat mempermudah proses interaksi sosial siswa SMA Negeri 11 Teluk Betung Timur Bandar Lampung. Penggunaan aplikasi tik tok tidak memiliki batasan waktu, dimana dan kapan penggunaannya. Kedua dampak positif yang peneliti temukan yaitu siswa dapat memperluas jaringan pertemanan, memudahkan mencari berita, memudahkan menjalin komunikasi jauh dan dapat memperoleh infomasi dengan cepat. Sedangkan dampak negatif penggunaan aplikasi tik tok yaitu mengurangi sosialisasi dengan lingkungan sekitar, siswa menjadi konsumtif, kurangnya waktu belajar, mengganggu kesehatan mata, siswa menjadi malas dan menghamburkan uang. Kata Kunci : Aplikasi Tik Tok, Interaksi Sosial

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Feb 2021 04:08
Last Modified: 04 Feb 2021 04:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13179

Actions (login required)

View Item View Item