PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS

NURUL, MASLAHAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,2,DAPUS     NURULMASLAHAH.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI     NURULMASLAHAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN AKTIF, KREATIF, EFEKTIF DAN MENYENANGKAN (PAKEM) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS Oleh Nurul Maslahah 1611050358 ABSTRAK Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik khususnya pada materi matriks, hal tersebut dipengaruhi oleh penggunaaan model pembelajaran yang kurang tepat, melihat permasalahan tersebut, penulis tertarik untuk menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem) berbantuan media pembelajaran interaktif. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem) berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen, populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI SMA Negeri 01 Gedung Meneng, teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik acak kelas, sehingga kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen 1 menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem), kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen 2 menerapkan model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem) berbantuan media pembelajaran interaktif dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol menerapkan model pembelajaran konvensional. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan uji Anova dan uji komparasi ganda menggunakan uji scheffe’. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji Anova diperoleh nilai = berarti ditolak artinya terdapat pengaruh model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem) berbantuan media pembelajaran interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik. Pengujian dilanjutkan dengan uji scheffe’ dengan penerimaan untuk serta penolakan untuk . Berdasarkan hasil pengujian tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa model pembelajaran aktif, kreatif, efektif dan menyenangkan (pakem) berbantuan media pembelajaran interaktif memberikan kemampuan pemahaman konsep matematis yang lebih baik dibandingan dengan model pembelajaran konvensional. Kata Kunci : Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM), Media Pembelajaran Interaktif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:25
Last Modified: 03 Feb 2021 07:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13170

Actions (login required)

View Item View Item