PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN NON PERFOMING FINANCING (NPF) TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2017-2019)

RARA, MAYHARANI (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE DAN NON PERFOMING FINANCING (NPF) TERHADAP INCOME SMOOTHING DENGAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH TAHUN 2017-2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Laporan keuangan merupakan hal yang penting untuk diketahui oleh investor karena memuat informasi mengenai kondisi keuangan suatu perusahaan. Namun laporan keuangan seringkali dimanipulasi, untuk kepentingan tertentu, terutama dalam pelaporan laba. Tindakan manipulasi tersebut disebut dengan manajemen laba dengan strategi yang paling sering digunakan yaitu income smoothing (perataan laba). Tindakan tersebut dilakukan untuk membuat laporan keuangan terlihat baik, karena informasi laba merupakan perhatian utama dalam mengukur keberhasilan atau kegagalan bisnis dalam mencapai tujuan oprasi yang telah ditetapkan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaimana pengaruh profitabilitas, financial leverage dan non performing financing terhadap income smoothing dengan good corporate governance sebagai variabel moderating. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, financial leverage dan non performing financing terhadap income smoothing dengan good corporate governance sebagai variabel moderating. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sifat penelitian filsafat positivisme yaitu metode yang digunakan untuk meneliti pada populasi dan sampel tertentu, dengan alat analisis regresi berganda dan Moderated Regression Analysis (MRA) melalui SPSS. Populasi pada penelitian ini adalah bank umum syariah yang terdaftar di OJK tahun 2017-2019. Tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa profitabilitas (X1), financial leverage (X2) dan non performing financing (X3) tidak berpengaruh signifikan terhadap income smoothing (Y) secara parsial maupun simultan. GCG tidak memoderasi hubungan profitabilitas (X1), dan financial leverage (X2) terhadap income smoothing (Y). Namun GCG mampu memperkuat hubungan non performing financing (X2) terhadap income smoothing (Y). Dalam pandangan ekonomi islam pelaksanaan manajemen laba dengan income smoothing bertolak belakang dengan prinsip syariah yang selama ini dijalankan oleh bank umum syariah. Good corporate governance (GCG) sebagai sebuah sitem pengelolaan perusahaan diharapkan dapat meminimalisir tindakan tersebut. Kata kunci: Profitabilitas, Financial Leverage, Non Performing Financing, Income Smoothing, Good Corporate Governance.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 07:11
Last Modified: 03 Feb 2021 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13167

Actions (login required)

View Item View Item