ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kelompok Wanita Tani Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah)

TEGUH, ROMADIYANTI (2021) ANALISIS PERAN EKONOMI KREATIF DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Kelompok Wanita Tani Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP_TEGUH ROMADIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Ekonomi kreatif adalah suatu sistem kegiatan manusia yang berkaitan dengan kegiatan kreasi produksi, distribusi, pertukaran dan konsumsi barang serta jasa, sumber daya utama dari kegiatan ekonomi kreatif yaitu kreatifitas sumber daya manusia dalam memproduksi suatu produk. Ekonomi kreatif merupakan salah satu konsep yang digunakan oleh pemerintah dalam mendorong tingkat kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok wanita tani kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Kegiatan ekonomi kreatif yang dilakukan oleh kelompok wanita tani Sendang Artha Jaya ini telah dirasakan dampak positifnya oleh masyarakat umumnya dan anggota kelompok khususnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana peran Ekonomi Kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, bagaimana peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di tinjau dari perspektif ekonomi Islam. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah. Untuk mengetahui bagaimana pandangan ekonomi Islam tentang usaha ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan metode analisis kualitatif, sumber data dari data primer dan data sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota kelompok wanita tani Sendang Artha Jaya Kecamatan Sendang Agung yang berjumlah 225 orang. Pengambilan sampel wawancara menggunakan purposive sampling yang diambil dari keseluruhan jumlah populasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peran ekonomi kreatif dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama pada pengrajin piring lidi yang tergabung dalam kelompok wanita tani Sendang Artha Jaya Kecamatan Sendang Agung Kabupaten Lampung Tengah, kelompok ini telah melaksanakan kegiatan ekonomi kreatif berupa industri piring lidi dan telah dirasakan dampaknya seperti dalam peningkatan pendapatan, pengurangan pengangguran dll. Secara umum masih terdapat beberapa catatan dan perlu dilakukan evaluasi, ini tercermin dari hasil wawancara yang dilakukan kepada para pengrajin dan aktor yang terkait. Produksi piring lidi yang dilakukan para pengrajin telah dilaksanakan sesuai dengan perspektif ekonomi Islam. Pelaksanaan pengembangan industri yang meliputi tujuh indikator berdasarkan analisa data penelitian juga menunjukan kesesuaian dengan prinsip-prinsip yang ada dalam ekonomi Islam. Kata kunci: Peran Ekonomi Kreatif, Kesejahteraan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:40
Last Modified: 03 Feb 2021 06:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13161

Actions (login required)

View Item View Item