PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG

Meiyuni, Zainul Arifin (2021) PERAN BIMBINGAN ROHANI ISLAM TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN PASIEN GAGAL GINJAL KRONIK DI RSUD DR. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab I -II-dapus.pdf] PDF
Download (749kB)
[thumbnail of skripsi mey.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Kecemasan pada penderita gagal ginjal kronik dapat menyebabkan timbulnya stress psikis yang justru akan melemahkan respon imonologi (daya tahan tubuh) dan mempersulit proses penyembuhan diri bagi mereka yang sakit. Bimbingan rohani Islam merupakan suatu pencegahan, dalam membantu memecahkan masalah dan mengembangkan situasi atau kondisi yang sedang dihadapi oleh pasien. Masalah yang ditemukan dilapangan dalam penelitian ini adalah sikap cemas, khawatir dan gelisah seseorang saat mengalami sakit dalam hidupnya, seseorang yang sedang sakit mengalami goncangan-goncangan mental dalam dirinya yang membuat seseorang berpikir negatif dan merasa putus asa dalam menghadapinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang bagaimana peran dan proses bimbingan rohani Islam dalam menurunkan tingkat kecemasan pada pasien dan bagaimana proses bimbingan rohani Islam dalam menurunkan tingkat kecemasan pasien di RSUD Dr. H. Abdul Meloek Bandar Lampung. Metode penelitian ini adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakakn adalah observasi, wawancara dan dokumentasi, penulis bermaksud mencari, menuturkan, dan menganalisa fenomenafenomena yang terjadi dan berlangsung saat ini dan berhubungan dengan peran bimbingan rohani islam dengan tingkat kecemasan pasien. Hasil penelitian menunjukan bahwa bimbingan rohani Islam memiliki peran dalam menumbuhkan rasa sabar dan ikhlas pada diri pasien saat menjalani ujian, memotivasi pasien dalam memperoleh kesembuhan, menumbuhkan rasa tenang pada diri pasien, serta menghilangkan rasa gelisah dan cemas pada diri pasien. Kesungguhan terhadap usaha dan doa, serta berkeyankinan bahwa Allah akan menyembuhkan. Kata kunci : Bimbingan Rohani Islam dan Kecemasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Akhlak dan Tasawwuf
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Akhlak dan Tasawwuf
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:35
Last Modified: 03 Feb 2021 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13160

Actions (login required)

View Item View Item