PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK

Febriansyah, Abung (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL AND INTELLECTUALLY) TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN DISPOSISI BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,2, DAPUS FEBRIANSYAH ABUNG..pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI FEBRIANSYAH ABUNG..pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan representasi matematis merupakan kemampuan yang dimiliki peserta didik untuk menyajikan kembali masalah matematis dengan notasi, kata–kata, simbol–simbol, tabel, diagram, atau grafik dengan cara lain yang diukur dengan indikator kemampuan representasi matematis. Disposisi berpikir kreatif matematis merupakan kecenderungan seseorang untuk menemukan ide atau gagasan yang baru, untuk memecahkan masalah dengan mudah, sederhana dan fleksibel yang berkaitan dengan matematika. Berdasarkan hasil pra-penelitian menunjukkan bahwa kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik di SMP Negeri 1 Tulang Bawang Udik masih rendah, terlihat dalam proses peserta didik menyelesaikan masalah, hal ini disebabkan beberapa faktor, salah satunya yaitu kurang variatifnya model pembelajaran yang diterapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectually) terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian jenis Quisi Experimental Design. Populasi pada penelitian ini yaitu peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Tulang Bawang Udik, pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling didapat sampelnya yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan perlakuan model pembelajaran SAVI dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol dengan perlakuan pembelajaran konvensional. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji MANOVA. Menurut hasil analisis, terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik. Karena adanya model SAVI ini bisa menjadikan suasana belajar jadi lebih aktif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran SAVI terhadap kemampuan representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif peserta didik. Kata kunci: SAVI (Somatic, Auditory, Visual and Intellectually), representasi matematis dan disposisi berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:16
Last Modified: 03 Feb 2021 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13157

Actions (login required)

View Item View Item