PENGARUH PAJAK DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MELAKUKAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018)

DWI, WINDANARTI (2021) PENGARUH PAJAK DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP KEPUTUSAN PERUSAHAAN DALAM MELAKUKAN TRANSFER PRICING (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (5MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Perusahaan multinasional yang salah satu tujuannya untuk memperluas pangsa pasar ternyata memiliki permasalahan, salah satunya yaitu praktik transfer pricing Transfer Pricing diindikasikan sebagai langkah strategis yang efektif dalam melakukan transaksi tentang pengaturan harga secara kompetitif oleh perusahaanperusahaan yang berelasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menguji kembali pengaruh pajak dan kepemilikan asing terhadap keputusan perusahaan dalam melakukan transfer pricing pada perusahaan pertambangan yang tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) periode 2014-2018. Jumlah populasinya sebesar 49 perusahaan dan jumlah sampel penelitian ini sebanyak 7 perusahaan dengan metode penarikan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria Perusahaan Pertambangan yang Tergabung dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Perusahaan sampel dikendalikan oleh perusahaan asing dengan presentasi kepemilikan 20% atau lebih dan Perusahaan tidak mengalami kerugian selama periode pengamatan 2014, 2015, 2016, 2017 dan 2018. Hal ini karena perusahaan yang mengalami kerugian tidak memiliki kewajiban perpajakan sehingga alasan pajak menjadi tidak relevan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh melalui mengakses www.idx.co.id. Analisis data menggunakan regresi data panel dan menggunakan alat bantu aplikasi Eviews versi 9 yang terdiri analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, pemilihan model regresi data panel, dan uji hipotesis. Hasil analisis data atau regresi data panel menunjukkan bahwa secara simultan pajak dan kepemilikan asing tidak berpengaruh terhadap keputusan transfer pricing. Hal ini mengindikasikan bahwa nilai ETR (effective tax rate) dan presentase kepemilikan asing dalam suatu perusahaan bukan menjadi suatu tolak ukur dalam keinginan perusahaan dalam menerapkan transfer pricing, karena banyak hal yang perlu diperhatikan perusahaan mengingat bahwa aturan-aturan pemerintah mengenai transfer pricing semakin ketat. Variabel independen dapat menjelaskan pengaruh keputusan transfer pricing sebesar 4,36% sedangkan sisanya sebesar 95,64% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak terdaapat dalam penelitian ini. Kata Kunci: Transfer Pricing, Pajak, Kepemilikan Asing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:08
Last Modified: 03 Feb 2021 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13155

Actions (login required)

View Item View Item