PENGARUH PENURUNAN TARIF PAJAK UMKM TERHADAP JUMLAH WAJIB PAJAK DAN PENERIMAAN PPH PASAL 4 AYAT 2 (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Kedaton)

DINA, PRATIWI (2021) PENGARUH PENURUNAN TARIF PAJAK UMKM TERHADAP JUMLAH WAJIB PAJAK DAN PENERIMAAN PPH PASAL 4 AYAT 2 (Studi Pada Wajib Pajak Yang Terdaftar di KPP Pratama Kedaton). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (5MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Peraturan Pemerintah Nomor 23 Tahun 2018 tentang penurunan tarif pajak merupakan salah satu reformasi pajak yang dilakukan pemerintah dalam upaya mendorong pemenuan pajak secara sukarela. PP No.23/2018 diterbitkan tanggal 1 Juli 2018 dengan tarif pajak yang cukup rendah yaitu 0.5% dari jumlah wajib pajak atas omset atau penjualan bruto yang kurang dari Rp. 4.800.000.000,00 (empat milyar delapan ratus juta rupiah) dalam 1 tahun pajak. Salah satu tujuan dari Peraturan Pemerintah ini adalah untuk mendorong pelaku UMKM agar lebih berperan aktif dalam pembayaran pajak dan pengenaan pajak. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah Terdapat Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Tingkat Jumlah Wajib Pajak Pada KPP Pratama Kedaton? Apakah Terdapat Pengaruh Penurunan Tarif Pajak Penghasilan Terhadap Tingkat Penerimaan PPh Pasal 4 Ayat 2 Pada KPP Pratama Kedaton? Bagaimana Pandangan Ekonomi Islam Terhadap penurunan tarif pajak UMKM? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan jumlah wajib pajak di KPP Pratama Kedaton sesudah adanya penurunan tarif pajak. untuk mengetahui perbedaan penerimaan pajak di KPP Pratama Kedaton sesudah adanya penurunan tarif pajak dan untuk menjelaskan pandangan Ekonomi Islam terhadap penurunan tarif pajak UMKM. Penelitian ini menggunakan periode waktu selama 24 bulan yaitu 6 bulan sebelum dan 18 bulan sesudah penerapan PP No.23 Tahun 2018. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif komparatif kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak yang terdaftar di KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung. Analisis data yang digunakan adalah analisis Mann whitney test yang digunakan untuk mengukur seberapa besar perubahan yang terjadi pada jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak sesudah penerapan PP No.23/2018. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak (software) komputer SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penurunan tarif pajak berpengaruh terhadap tingkat jumlah wajib pajak dan penerimaan pajak di KPP Pratama Kedaton Bandar Lampung. Dan menurut pandangan Ekonomi Islam penurunan tarif pajak ini dirasa lebih memberikan keadilan bagi para pelaku UMKM. Kata kunci : Wajib Pajak, Penerimaan PPh Pasal 4 Ayat 2, PP No. 23 Tahun 2018 tentang Penurunan Tarif Pajak, Pandangan Ekonomi Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 06:00
Last Modified: 03 Feb 2021 06:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13153

Actions (login required)

View Item View Item