PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM MENANGGULANGI BENCANA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kabupaten Lampung Barat)

MUHAMMAD, PRIA TAMA (2021) PERAN BADAN PENANGGULANGAN BENCANA DAERAH DALAM MENANGGULANGI BENCANA PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kabupaten Lampung Barat). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab1 ,2 dan dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI TAMA MUNAQOSAH Word (1) revisi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Lampung Barat merupakan daerah yang rentan terhadap bencana. Bencana alam yang potensial adalah tanah longsor dan banjir. Bencana tanah longsor dan banjir merupakan salah satu jenis bencana alam yang menimbulkan kerugian material, seperti rusaknya lahan pertanian, kawasan permukiman, jalan, jembatan, prasarana fisik lainnya dan menyebabkan terhambatnya transportasi umum yang berdampak terhadap kelangsungan ekonomi masyarakat. Peraturan Bupati Lampung Barat Nomor 29 Tahun 2010 Pasal 2 ayat (3) tertulis pengkoordinasian pelaksanaan penaggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh, namun pelaksanaannya belum sepenuhnya terlaksana dengan baik sesuai dengan Peraturan Bupati ini. Kegiatan penanggulangan bencana masih terfokus saat bencana terjadi dengan beberapa permasalahan dalam pelaksanaannya. Dalam perspektif fiqh, Ulil Amri ialah orang yang memiliki kewenangan / otoritas dan dapat diandalkan dalam mengurusi kaum muslimin dan persoalan kemasyarakatan, atau Ulil Amri adalah raja atau Amir serta disebut juga dengan pemimpin dalam satu negara. Tugas Ulil Amri mencakup berbagai aspek, baik urusan pemerintahan seperti menyangkut urusan administrasi dan keuangan negara, politik dan ekonomi, masalah keamanan dan pertahanan negara, kesejahteraan masyarakat seperti menyangkut kesehatan dan pendidikan maupun persoalan keagamaan dalam berbagai aspeknya. Kajian skripsi ini mengangkat permasalahan tentang bagaimana peran BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam Perbub Nomor 29 Tahun 2010 Pasal 2 ayat (3)?, Bagaimana perspektif fiqh siyasah terhadap peran BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam menanggulangi bencana?. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjelaskan dan menganalisis Peran BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam menanggulangi bencana dan untuk menganalisis peran BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam menanggulangi bencana perspektif fiqh siyasah. Penelitian ini adalah penelitian lapangan yaitu penelitian yang dilakukan dikehidupan sebenarnya. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Pada bagian akhir penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam Perbub Nomor 29 Tahun 2010 Pasal 2 ayat (3) Pengkoordinasian pelaksanaan kegiatan penanggulangan bencana secara terencana, terpadu dan menyeluruh pembinaan dan pelaksanaan tugas bidang penanggulangan bencana sudah berjalan dengan baik namun belum maksimal, pelaksanaan penanggulangan masih terfokus terhadap kedaruratan bencana atau pelaksanaan penanggulangan bencana belum menyeluruh. Hal ini disebabkan oleh keterbatasan dana dan sarana prasarana. Perspektif fiqh siyasah tentang peran BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam menanggulangi bencana di analisa berdasarkan tugas dan tanggung jawab ulil amri yang berkaitan dengan menanggulangi bencana. Hasilnya BPBD Kabupaten Lampung Barat dalam menanggulangi bencana sudah berperan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:56
Last Modified: 03 Feb 2021 05:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13152

Actions (login required)

View Item View Item