PENGEMBANGAN MAJALAH MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTs

ANNISA, RAHMATIKA (2021) PENGEMBANGAN MAJALAH MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL KELAS VII MTs. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I-II-DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan bahan ajar berupa Majalah Matematika Berbasis (CTL) pada penyajian materinya, dan dengan materi Aritmatika Sosial. Disamping mengembangkan produk, penelitian ini bertujuan juga untuk mengetahui respon pendidik dan peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang memiliki tahapan Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian ini juga melibatkan peserta didik kelas VII MTs GUPPI 1 BABATAN Lampung Selatan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalaui wawancara, dan angket. Berdasarkan penilaian angket validasi oleh ahli materi, produk dinyatakan ―Valid‖, dengan skor rata-rata sebesar 3,48. Dan pada penilaian angket validasi oleh ahli media, produk dinyatakan ―Valid‖ dengan skor rata-rata sebesar 3,44. Begitu juga pada penilaian angket validasi oleh ahli bahasa, produk dinyatakan ―Valid‖ dengan skor rata-rata sebesar 3,40. Dan respon pendidik produk dinyatakan ―Sangat Menarik‖, dengan skor rata-rata 3,32. Adapun respon peserta didik dalam uji coba kelompok kecil yang diikuti oleh 9 peserta didik dari kelas VII C, produk dinyatakan ―Sangat Menarik‖ dengan rata-rata skor sebesar 3,63 dan pada uji coba kelompok besar yang dilakukan pada 26 peserta didik kelas VII A mendapat skor rata-rata sebesar 3,62 dengan interpretasi ―Sangat Menarik‖. Dengan demikian, didapat suatu kesimpulan bahwa produk yang dikembangkan yakni berupa Majalah Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Aritmatika Sosial Kelas VII MTs dinyatakan valid dan menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata Kunci: Majalah Matematika, Contextual Teaching and Learning (CTL)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Feb 2021 05:13
Last Modified: 03 Feb 2021 05:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13144

Actions (login required)

View Item View Item