EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V SD MUHAMMDIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

RIZKI, LAMBAN PASTIA (2021) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK PADA KELAS V SD MUHAMMDIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam dunia pendidikan dalam mengkonrtuksi pengetahuan siswa. Keberhasilan dalam proses pembelajaran juga ditentukan oleh motivasi, karena motivasi memiliki pengaruh yan sangat besar dan juga komponen yang sangat penting dalam pembelajaran. Dalam penelitian ini permasalahan dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah model pembelajaran time token efektif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung? Motivasi belajar ini meliputi motivasi intrinsik yang berasal dari dalam diri dan motivasi ekstrinsik yang muncul akibat pengaruh dari luar diri seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran tematik pada kelas V SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Adapun manfaat penelitian ini adalah model pembelajaran timen token diharapkan dapat menjadi bahan masukan untuk program pendidikan serta dapat menjadi referensi bagi pendidik untuk menggunakan model pembelajaran yang bervariatif dalam pembelajaran tematik. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimental Design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan 2 kelas, satu kelas sebagai kelas eksperimen (V A) dan satu kelas sebagai kelas control (V B). Alat pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket motivasi belajar yang terdiri dari 30 soal yang berupa pernyataan dan pertanyaan yang berbentuk skala dekskriptif yaitu berupa pertanyaan yang jawabanya berbentuk skala persetujuan atau penolakan terhadap pernyataan atau pertanyaan yang dinyatakan dengan sangat setuju(SS), setuju(S), tidak setuju (TS), dan sangat tidak setuju (STS). Angket digunakan untuk mengukur tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran tematik. Hasil penlitian ini adalah data hitung uji-t diperoleh hasil bahwa thitung = 1,969, sedangkan nilai ttabel = 2,009. Oleh karena thitung < ttabel maka H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat kefeektifan model pembelajaran time token terhadap motivasi belajar peserta didik pada pelajaran tematik kelas V SD Muhammdiyah 1 Bandar Lampung. Kata Kunci: Model Pembelajaran time token, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Feb 2021 06:11
Last Modified: 02 Feb 2021 06:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13131

Actions (login required)

View Item View Item