PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE SCAFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF DIRECTED LEARNING PESERTA DIDIK BIOLOGI KELAS X SMA

DIANA, SARI (2021) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE SCAFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF DIRECTED LEARNING PESERTA DIDIK BIOLOGI KELAS X SMA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER,BAB1,2,DAPUS  Diana Sari.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of FULL  Skripsi Diana Sari.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE SCAFOLDING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF DIRECTED LEARNING PESERTA DIDIK BIOLOGI KELAS X SMA Oleh : Diana Sari Penelitian ini dilakukan atas latar belakang kemampuan pemecahan masalah dan Self Directed Learning peserta didik kelas X mata pelajaran biologi SMA Negeri 9 Bandar Lampung tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh model Problem Based Learning dengan Metode Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Self Directed Learning peserta didik kelas X. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitain One Grup Pretest-Postest Design. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak kelas dengan perolehan sampel penelitian yaitu kelas penelitian 1, kelas penelitian 2 dan kelas penelitian 3. Ketiga kelas penelitian diberikan treatment yang sama yaitu menggunakan Model Problem Based Learning dengan metode Scaffolding. Teknik pengumpulan data melalui Pretest dan Postest tes kemampuan pemecahan masalah dan angket Self Directed LearningReadiness Scale. Uji Instrument penelitian dengan Uji Validitas, Uji Reabilitas, Uji tingkat Kesukaran dan Uji Tingkat Daya Beda. Uji prasyarat penelitian menggunakan Uji Normalitas dan Uji Homogenitas Of Variances. Sedangkan uji hipotesis penelitian menggunakan uji One Sample T Tes dengan taraf signifikan sebesar 0,05. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa perhitungan hasil penelitian menunjukkan 0,000 < 0,05 dengan ketentuan H1 diterima dan H0 ditolak. Artinya terdapat pengaruh model Problem Based Learning dengan Metode Scaffolding terhadap kemampuan pemecahan masalah dan Self Directed Learning Peserta didik kelas X SMA. Kata Kunci :Problem Based Learning,Scaffolding, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Self Directed Learning

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 04:25
Last Modified: 29 Jan 2021 04:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13116

Actions (login required)

View Item View Item