PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS RELIGIUS BERBANTU DIAGRAM VEE TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK

ZEYNY, DARKHASHY (2021) PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS RELIGIUS BERBANTU DIAGRAM VEE TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of FULL SKRIPSI zeyny darkhahsy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)
[thumbnail of skripsi zeyny darkhahsy.pdf] PDF
Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH PENDEKATAN STEM (SCIENCE TECHNOLOGY ENGINEERING AND MATHEMATICS) BERBASIS RELIGIUS BERBANTU DIAGRAM VEE TERHADAP LITERASI SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK Oleh: Zeyny Darkhashy Proses pembelajaran biologi yang masih terjadi dimana kegiatan pembelajarannya masih didominasi oleh pendidik dibandingkan dengan peserta didik. Hal tersebut berakibat pada kurangnya peran aktif peserta didik sehingga berdampak pada rendahnya kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Dengan mengupayakan model pembelajaran yang tepat dapat membantu peserta didik untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik sehingga peserta didik mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM berbasis religius berbantu diagram vee terhadap kemampuan literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM berbasis religius berbantu diagram vee terhadap kemampuan literasi sains peserta didik dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran STEM berbasis religius berbantu diagram vee terhadap sikap ilmiah peserta didik. Metode penelitian termasuk jenis penelitian Quasy Experiment dan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMAN 1 Negara Batin. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu X MIPA 1 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data berupa tes dan non tes. Teknik analisis data menggunakan uji pra syarat meliputi uji normalitas dan homogenitas. Uji hipotesis menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penelitian dan melalui uji hipotesis menggnakan PASW 18.00 menunjukkan bahwa hasil literasi sains sdan sikap ilmiah peserta didik yang diperoleh bahwa nilai sig-2 tailed kurang dari batas kritis 0,05 yaitu (0.000<0.05), maka dapat diputuskan, H1 diterima. Berdasarkan keputusan tersebut dapat diartikan bahwa ada pengaruh pendekatan pembelajaran STEM terhadap literasi sains dan sikap ilmiah peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan STEM, Diagram Vee, Literasi Sains, dan Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:27
Last Modified: 29 Jan 2021 03:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13110

Actions (login required)

View Item View Item