PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SENI KALIGRAFI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 PRINGSEWU

Naimah, Siti (2017) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS SENI KALIGRAFI PADA POKOK BAHASAN LINGKARAN KELAS VIII DI MTs NEGERI 1 PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Naimah.pdf]
Preview
PDF
Download (29MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan mendeskripsikan langkah pengembangan LKPD berbasis seni kaligrafi pada pokok bahasan lingkaran dan menghasilkan LKPD berbasis seni kaligrafi pada pokok bahasan lingkaran kelas VIII memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan Borg and Gall dalam Sugiyono yaitu: (1) Potensi dan Masalah, (2) Mengumpulkan informasi, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Uji Coba Produk, (7) Revisi Produk (8) Ujicoba Pemakaian (9) Revisi Produk, (10) Produksi Massal. Pada penelitian pengembangan ini peneliti membatasi dari sepuluh langah menjadi 7 langkah. Subjek penelitian ini adalah 29 peserta didik kelas VIII di MTs Negeri 1 Pringsewu. Instrumen yang digunakan untuk mengukur kevalidan LKPD yang dikembangkan ini adalah angket penilaian oleh ahli materi, ahli media, dan bahasa, untuk mengukur aspek kepraktisan LKPD instrument yang digunakan adalah angket respon peserta didik dan untuk mengukur aspek keefektifan LKPD instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar peserta didik setelah menggunakan LKPD berbasis seni kaligrafi. Kevalidan LKPD dinilai dari penilaian para ahli dengan skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyataan oleh ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4,18 yang berarti valid, oleh ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,5 yang berarti sangat valid dan dari ahli bahasa mendapatkan skor 5 yang berarti sangat valid, sehingga hasil rata-rata penilaian semua para ahli yaitu 4,56 dengan kategori sangat valid. Kepraktisan berdasarkan angket respon peserta didik mendapat rata-rata skor 4,19 dari skor maksimal 5 untuk tiap-tiap pernyataan yang berarti perangkat yang dikembangkan memiliki kualitas praktis. Keefektifan LKPD yang dikembangkan ditinjau dari nilai tes hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs Negeri 1 Pringsewu diperoleh rata-rata kelas sebesar 77.59 dan persentase ketuntasan tes hasil belajar peserta didik 79.31 yang berarti efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 12 Sep 2017 02:46
Last Modified: 12 Sep 2017 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/1311

Actions (login required)

View Item View Item