ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG

MUHAMMAD, ARIF WICAKSONO (2021) ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of CVR, BAB 1,2,DAPUS   Muhammad Arif Wicaksono.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI Muhammad Arif Wicaksono.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK ANALISIS MISKONSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VIII MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEXPADA MATA PELAJARAN BIOLOGI SMP NEGERI DI KOTA BANDAR LAMPUNG Oleh Muhammad Arif Wicaksono Pembelajaran merupakan interaksi antara peserta didik dengan guru dan sumber belajar yang saling bertukar informasi pada suatu lingkungan belajar. Salah satu tujuan dari pembelajaran sains adalah Peserta didik mampu memahami konsep, aplikasi konsep serta dapat mengaitkan satu konsep dengan konsep yang lain. Pada proses pembelajaran ini peserta didik diharapkan dapat memahami secara utuh terhadap konsep yang diajarkan oleh guru bukan hanya sekedar tahu tanpa memahami konsep. Kemampuan dalam memahami konsep merupakan hal yang sangat penting bagi peserta didik karena konsep merupakan landasan untuk berpikir. Jika peserta didik hanya menghafal konsep tanpa memahami konsep tersebut secara utuh, sangat mungkin terjadi miskonsepsi pada diri peserta didik. Miskonsepsi pada peserta didik dapat terjadi secara berkelanjutan karena dalam pembelajaran biologi konsep yang satu dengan konsep yang lain saling berhubungan satu sama lain, sehingga pengetahuan awal sangat berperan untuk konsep selanjutnya. Dalam pembelajaran sebaiknya menciptakan kegiatan belajar yang efektif, adanya interaksi antara guru dengan peserta didik, agar peserta didik mampu memahami suatu konsep yang sedang dipelajari secara utuh. Pada kenyataannya saat ini masih banyak peserta didik yang memiliki minat belajar rendah dan cendrung hanya menghafal suatu materi tanpa mencoba untuk memahaminya lebih dalam hal ini didukung oleh penelitian yang dilakukan oleh Nurul Inayah dkk yang mengatakan bahwa minat belajar merupakan salah satu faktor penyebab miskonsepsi. Hal ini merupakan salah satu yang menyebabkan peserta didik kurang memahami konsep atau bahkan salah paham terhadap konsep yang dipelajari (miskonsepsi).Tujuannya untuk mengetahui miskonsepsi peserta didik kelas VIII menggunakan Certainty of Respons Index (CRI) pada mata pelajaran Biologi SMP di Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif. Pengambilan sampel untuk memilih sekolah pada penelitian ini menggunakan tektik purposive sampling sehingga mendapatkan sampel SMP Negeri A, SMP Negeri B, dan SMP Negeri C, untuk pengambilan sampel peserta didik menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dalam bentuk Multiple Choice yang disertai dengan CRI. Sebelum digunakan, instrumen tes di uji validitas, reliabilitas dan daya beda serta tingkat kesukarannya. Kata Kunci :Certainty of Respons Index, Miskonsepsi, Mata Pelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:21
Last Modified: 29 Jan 2021 03:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13109

Actions (login required)

View Item View Item