PENGARUH METODE PRAKTIKUM DENGAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KETRAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI EKOSISTEM SISWA MTsN 02 BANDAR LAMPUNG

MELIA, ARYATI (2021) PENGARUH METODE PRAKTIKUM DENGAN ASESMEN KINERJA TERHADAP KETRAMPILAN GENERIK SAINS PADA MATERI EKOSISTEM SISWA MTsN 02 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PUSAT BAB 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of skripsi Melia Aryati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK IPA merupakan ilmu pengetahuan yang mempelajari gejala-gejala alam yang dibangun atas dasar sikap ilmiah. Terdapat empat hakikat mata pelajaran IPA yaitu, sikap ilmiah, proses, aplikasi dan produk. IPA sebagai proses berarti dalam proses pembelajaran siswa dilatih mengembangkan pengetahuan melalui ketrampilan proses. Untuk dapat melatihkan ketrampilan proses tersebut maka di gunakan metode praktikum, kegiatan praktikum dapat memberikan pengalaman secara langsung kepada peserta didik. Berdasarkan observasi kegiatan praktikum yang dilaksanakan peserta didik cenderung tidak mengikuti kegiatan dengan baik dan benar hal ini menyebabkan kegiatan praktikum tidak berjalan dengan aktif. Salah satu alat yang dapat memancing peserta didik untuk lebih aktif adalah dengan menerapkan Asesmen Kinerja yang diterapkan untuk memperoleh informasi tentang ketercapaian peserta didik yang berkaitan dengan produk dan ketrampilannya. Dalam pembelajaran IPA salah satu ketrampilan yang harus di kembangkan yaitu, ketrampilan generik sains. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode praktikum dengan asesmen Kinerja terhadap ketrampilan Generik Sains pada materi Ekosistem siswa MTSn 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian the post-test only control group design. Instrumen pada penelitian ini adalah lembar observasi yang digunakan untuk mengakses keterampilan generik sains pada saat melakukan praktikum dan tes soal keterampilan generik sains. Hasil penelitian ini berupa data kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian yaitu berupa nilai posttes dan observasi pada ragam indikator keterampilan generik sains. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan uji anova, yang sebelumnya sudah dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai Uji prasyarat. Berdasarkan hasil posttes keterampilan generik sains peserta didik kelas eksperimen pada indikator pengamatan langsung memperoleh rata-rata 84,33%, pengamatan Tak langsung 78,50%, permodelan 81,67%, hukum sebab akibat 59,80% dan inferensi 59,67% perolehan tersebut secara keseluruhan termasuk kedalam kategori baik Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan teknik analysis of varians (ANOVA) dapat diketahui bahwa pengujian diperoleh hasil signifikansi < 0,05 yaitu 0,000. Maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis eksperimen diterima. Artinya “ Metode Praktikum dengan Asesmen Kinerja berpengaruh terhadap keterampilan generik sains peserta didik pada materi ekosistem. Kata kunci : Metode praktikum, Asesmen Kinerja, dan keterampilan Generik Sains.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 03:17
Last Modified: 29 Jan 2021 03:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13108

Actions (login required)

View Item View Item