PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA

RAUDATUN, KHOIRIYAH (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP KHOIRIYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MODIFIED INQUIRY TERHADAP KETERAMPILAN GENERIK SAINS DAN SIKAP ILMIAH PESERTA DIDIK KELAS VII SMP PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI KLASIFIKASI MATERI DAN PERUBAHANNYA Oleh RAUDATUN KHOIRIYAH Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik. Hal ini disebabkan karena proses pembelajaran dalam kelas masih cenderung taeacher center proses pembelajaran ini lebih banyak menuntut keaktifan pendidik dari pada peserta didik dan proses pembelajaran menjadi kurang efektif dan efisien yang mengakibatkan peserta didik kurang mampu mengembangkan kemampuan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah, Peserta didik sulit memahi konsep dalam pembelajaran yang berdampak pada hasil pembelajaran, maka dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran IPA untuk mengembangkan keterampilan generik sains dan sikap ilmiah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Modified Inquiry terhadap keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII SMP pada materi klasifikasi materi dan perubahannya Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment desain dengan rancangan the matching Pretest-Posttest design. Penelitian ini dilaksanakan dikelas VII SMP Pesantren Darussalam Natar dengan tekhnik pengambilan sampel dengan teknik Acak Kelas dengan sampel dua kelas yang terdiri dari kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran Modified Inquiry, dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (model pembelajaran langsung). Teknik pengambilan data berupa tes berbentuk uraian untuk mengukur keterampilan generik sains dan non tes berupa angket sikap ilmiah. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji MANOVA. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Modified Inquiry terhadap keterampilan generik sains dan sikap ilmiah peserta didik kelas VII MTs Darussalam Natar, Lampung Selatan. Hal ini dapat dilihat dari perhitungan menggunakan independent uji MANOVA diperoleh tingkat signifikan 0,000 < α = 0,05. Sehingga ditolak dan diterima. Kata Kunci :Modifie Inquiry, Keterampilan Generik Sains, Sikap Ilmiah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Jan 2021 02:51
Last Modified: 29 Jan 2021 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13103

Actions (login required)

View Item View Item