ANALISIS POTENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KRIPIK PISANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra UMKM Kripik Pisang Jalan ZA. Pagar Alam Kota Bandar Lampung)

Herdiana, Novita Sari (2021) ANALISIS POTENSI USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) KRIPIK PISANG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Sentra UMKM Kripik Pisang Jalan ZA. Pagar Alam Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP herdiana fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan bagian terpenting dalam perekonomian Indonesia dapat dikatakan telah menjadi motor penggerak terbesar perekonomian ketika krisis moneter melanda. UMKM merupakan potensi bisnis yang sangat digalakkan oleh pemerintah karena semakin banyak masyarakat berwirausaha maka semakin baik dan kokohnya perekonomian suatu daerah karena sumber daya lokal, pekerja lokal, dan pembiayaan lokal dapat terserap dan bermanfaat secara optimal. Pemerintah harus mengembangkan UMKM karena potensi yang mereka miliki dapat menciptakan kreatifitas usaha dengan memanfaatkan fasilitas yaang diberikan oleh pemerintah, potensi tersebut bisa kita lihat dengan mengunakan analisis SWOT.Adapun rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) kripik pisang berdasarkan analisis SWOT dalam perspektif ekonomi islam dan Bagaimana prospek kelangsungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) keripik pisang dari segi pengalaman, pelayanan serta pengetahuan. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui potensi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kripik pisang berdasarkan analisis SWOT dalam perspektf ekonomi islam dan Untuk mengetahui prospek kelangsungan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kripik pisang. Penelitian ini mengunakan metode penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, sumber data dipeoleh dari data primer dengan pengumpulan data mengunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan kuesioner/angket populasi sebagai sampel sebanyak 32 UMKM sebagai responden. Teknik analisis data yang digunakan deskriptif anakisis dengan mengunakan analisis SWOT yang terdiri dari kekuatan (Strenght), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities) dan ancaman (Threats). Hasil penelitian dari analisis SWOT pada UMKM keripik pisang menunjukan kuadran 1 (positif, positif) yang merupakan posisi yang kuat dari faktor internal dan memiliki peluang yang bagus dari faktor eksternal. selisih antara Strenght dan Weaknesses dengan total nilai skor 1,40 dan selisih antara Opportunities dan Threats dengan total nilai skor 1,95 posisi ini menandakan bahwa memiliki konsidi usaha yang kuat dan memiliki potensi yang bagus sehingga sangat di mungkinkan untuk terus melakukan penjualan serta dapat meraih kemajuan secara maksimal Sedangkan hasil survey terkait pelayanan, pengetahuan dan pengalaman para pelaku UMKM keripik dapat di simpulkan bahwa memiliki prospek kelangsungan usaha yang baik dikarnakan beberapa dari angota UMKM sudah mulai mengandalkan kemajuan teknologi pengusaha juga memili SDM yang dapat memberikan pelayanan keapada pengunjung dengan baik dan ramah sehingga mampu memberikan kepuasan kepada pengunjung untuk berkunjung ke toko pengusaha dengan pelayanan yang maksimal maka akan membantu prospek kelangsungan usaha yang signifikan. Kata Kunci : Analisis SWOT, UMKM Keripik Pisang, Potensi, dan Prospek

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:41
Last Modified: 28 Jan 2021 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13100

Actions (login required)

View Item View Item