RAHAYU, WILUJENG (2021) PENGARUH INTERAKSI SOSIAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA AL AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (5MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Interaksi sosial diartikan sebagai hubungan social timbal balik yang dinamis secara perseorangan, antar kelompok maupun antara seorangan dengan kelompok. Interaksi sosial yang kondusif dan edukasi akan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah rangsangan atau dorongan yang dimiliki seseorang sehingga peserta didik melaksanakan sesuatu yang telah direncanakan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Metode dalam penelitian ini bersifat kuantitatif dengan desian Regresi Linear Sederhana. Populasi berjumlah 136 peserta didik dan sampel penelitian sebanyak 20 peserta didik yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Berdasarkan analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana menunjukkan ada pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar yang signifikan dengan p = 0,000 ; p < 0,05; maka Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai koefisien korelasi = 0,95 dan nilai koefisien determinasi = 0,913 atau 91,3% dapat ditarfsirkan interaksi sosial memiliki kontribusi sebesar 91,3% tehadap motivasi belajar. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat pengaruh interaksi sosial terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun. Kata Kunci: Interaksi Sosial, Motivasi Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Bimbingan Konseling |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 28 Jan 2021 07:37 |
Last Modified: | 28 Jan 2021 07:37 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13099 |
Actions (login required)
View Item |