PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBASIS ELPSA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK

MYA, CAHYANI (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROTATING TRIO EXCHANGE (RTE) BERBASIS ELPSA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DITINJAU DARI KECERDASAN SPASIAL PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi bab 1&2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis pada pembelajaran matemtika memiliki peran yang cukup penting bagi peserta didik. Namun peneliti masih menemukan permasalahan disekolah terkait kemampuan berpikir kritis. Mengacu pada hasil Pra-penelitian di SMP Negeri 2 Pubian, peneliti menemukan bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas VIII masih sangat rendah. Hal tersebut terlihat dari nilai hasil tes berpikir kritis yang peneliti lakukan. Sebanyak 85% peserta didik masih memperoleh hasil dibawah KKM. Oleh karenanya, peneliti tertarik menerapkan model pembelajaran yang dapat mendukung kemampuan berpikir kritis peserta didik yaitu menggunakan model pembelajaran Rotating Trio Exchange berbasis ELPSA yang ditinjau dari kecerdasan spasial peserta didik. Dengan jenis penelitian yang digunakan yaitu Quasy Experiment Design. Sampel diambil dari adalah kelas VIII 4 dan VIII 5 SMPN 02 Pubian. Pengambilan sampel menggunakan teknik acak kelas dengan desain penelitian yang digunakan adalah Posttest Only Control Group Design pada materi bangun ruang sisi datar. Instrument yang digunakan berupa tes kemampuan berpikir kritis dan tes kecerdasan spasial. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dan memperoleh kesimpulan sebagai berikut : Pengujian hipotesis pertama memperoleh hasil ditolak, dengan 6,7070 dan 4,023 sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran RTE berbasis ELPSA memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Hipotesis kedua, diperoleh 16,1932 dan 3,172 dengan keputusan ditolak, artinya kecerdasan spasial tinggi, sedang, dan rendah memberikan pengaruh terhadap kempuan berpikir kritis peserta didik. Pada hipotesis ketiga, diperoleh -1,3623 dengan 3,172 dan memperoleh keputusan diterima, artinya tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran RTE berbasis ELPSA dan kecerdasan spasial terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran RTE (Rotating Trio Exchange), ELPSA, Kecerdasan Spasial dan Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:34
Last Modified: 28 Jan 2021 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13098

Actions (login required)

View Item View Item