M I T I G A S I R I S I K O B A NK S Y A R I A H D A L AM M ENANGANI PERMASALAHAN FRAUD MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung)

Nia, Karmila Amanda (2021) M I T I G A S I R I S I K O B A NK S Y A R I A H D A L AM M ENANGANI PERMASALAHAN FRAUD MENURUT PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Pada Bank Syariah Mandiri KCP Kedaton Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: Nia Karmila Amanda Sejak berdirinya Perbankan Syariah berbagai kontroversi muncul dari masyarakat, masalah yang paling banyak disorot adalah pelekatan label syariah yang masih dianggap belum layak, Hal tersebut timbul karena persepsi masyarakat yang ragu pada konsistensi entitas bisnis syariah dalam menerapkan prinsip syariah pada kegiatan usahanya. Keraguaan masyarakat tersebut seolah terjawab dengan munculnya kasus fraud yang terjadi di BSM cabang Bogor yang melibatkan pihak internal bank yaitu penyaluran kredit fiktif sebesar 102 Miliar kepada 197 nasabah fiktif. Kehilangan kepercayaan dalam masyarakat akan berdampak pada penarikan dalam jumlah besar oleh masyarakat, sehingga perbankan akan menjadi sulit dalam memenuhi likuiditasnya dan akan menyebabkan bank tersebut collapse. Maka sebab itu perlu adanya tata kelola perusahaan yang baik. Dengan terciptanya sistem pengendalian internal yang baik diharapkan nantinya dapat membantu pihak internal bank dalam menjaga aset, keuangan, dan aktiva yang dimiliki bank. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana mitigasi yang dilakukan BSM KCP Kedaton dalam menangani kasus fraud, bagaimana mekanisme penanganan tindakan anti fraud menurut PBI, dan Bagaiamana mekanisme penanganan tindakan anti fraud menurut perspektif Ekonomi Islam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana mitigasi yang dilakukan BSM KCP Kedaton Bandar Lampung dalam menangani kasus fraud¸ untuk mengetahui bagaimana mekanisme penanganan tindakan anti fraud menurut PBI, dan untuk mengetahui bagaimana mekanisme penanganan tindakan anti fraud menurut perspektif Ekonomi Islam. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan deskriptif kualitatif, data yang digunakan yaitiu data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan melakukan wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan BSM KCP Kedaton dalam menangani kasus fraud yaitu melakukan pemeriksaan rutin terhadap karyawan dan jajaran yang ada di BSM KCP Kedaton, melakukan pemeriksaan pada setiap catatan transaksi masuk dan keluar, memberikan dokrin anti fraud pada seluruh karyawan serta jajaran, dan membuat mekanisme pelaporan yang efektif atas kasus fraud. Hal tersebut dirasa sejalan dengan aturan yang telah dibuat oleh BI tentang penerapan strategi anti fraud bagi bank umum, namun dalam perspektif Ekonomi Islam penanganan anti fraud yang dilakukan oleh BSM KCP Kedaton Bandar Lampung dirasa belum memiliki relasi yang kuat. Hal tersebut dikarenakan BSM KCP Kedaton Bandar Lampung belum menerapkan mekanisme penanganan tindakan anti fraud yang berlandaskan asas ekonomi islam. Kata Kunci: Tindakan Fraud. Strategi, Perbankan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:21
Last Modified: 28 Jan 2021 07:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13095

Actions (login required)

View Item View Item