IMPLEMENTASI FATWA MUI NO. 001/MUNAS-IX/MUI/2015 TENTANG PENDAYAGUNAAN INFAK UNTUK PEMBANGUNAN SARANA AIR DAN SANITASI BAGI MASYARAKAT (Studi Pada Yayasan Daarut Tauhid Bandar Lampung)

ANISSA, AGNA (2021) IMPLEMENTASI FATWA MUI NO. 001/MUNAS-IX/MUI/2015 TENTANG PENDAYAGUNAAN INFAK UNTUK PEMBANGUNAN SARANA AIR DAN SANITASI BAGI MASYARAKAT (Studi Pada Yayasan Daarut Tauhid Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1,2,DAPUS ANISSA AGNA.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI ANISSA AGNA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Pemanfaatan dana zakat terus mengalami perkembangan, tidak hanya diperuntukkan bagi delapan golongan yang sudah dijelaskan dala, Al- Qur’an. Pendayagunaan dana zakat untuk pembangunan sarana air dan sanitasi banyak dipertanyakan kebolehannya oleh masyarakat. Karena masih terdapat daerah yang mengalami kesulitan dalam mengakses air bersih dan sanitasi. MUI sebagai lembaga indenpenden yang dapat mengeluarkan fatwa berusaha memberikan hukum yang pasti terkait pendayagunaan dana zakat untuk pembangunan sarana air bersih. Dengan alasan ini maka disusunlah karya ilmiah yang membahas tentang fatwa MUI terkait pendayagunaan zakat infak bagi pembangunan sarana air dan sanitasi masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana implementasi Fatwa MUI No. 001/Munas-IX/2015 tentang pendayagunaan zakat infak pembangunan sarana air dan sanitasi masyarakat pada DT Peduli. 2) Apa faktor pendukung, penghambat dalam menerapkan Fatwa MUI No. 001/Munas-IX/2015 tentang pendayagunaan ZISWAF pada Yayasan DT Peduli. Tujuan penelitian adalah: 1) Untuk mengetahui implementasi pendayagunaan zakat untuk pembangunan sarana air dan sanitasi masyarakat. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pembangunan sarana air dan sanitasi di DT Peduli. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantitatif, yaitu metode observasi, wawancara, penelaahan dokumen. Jenis penelitian ini adalah (field research) yang dilakukan terhadap di lakukan DT Peduli untuk pembangunan sarana air dan sanitasi. Data sekunder yaitu data yang diperoleh melalui penelaahan buku-buku yang berkaitan dan menunjang penelitian ini. Kemudian data-data tersebut diolah dengan cara editing, coding, Reconstructing dan Systematizing. Sehingga data diperoleh, selanjutnya data tersebut akan dianalisis dengan menggunakan metode data deskriftif kualitatif. Dari penelitian di atas, penulis dapat menyimpulkan bahwa pada pelaksanaan pembangunan sarana air dan sanitasi dengan menggunakan siatem dana infaq terikat dan mengaitkan masyarakat secara langsung untuk program sanitasi tersebut. dari sisi pendayagunaan, upaya dilaksanakan dengan cara melakukan sumber dana, pengalokasian, pensosialisasian dan pendataan serta optomilisasi fasilitator atau pemberian fasilitas sebagaimana pula yang di lakukan oleh Fatwa MUI No. 001/Munas-IX/MUI/2015 tentang pendayagunaan zakat infak hal tersebut juga dilakukan oleh DT Peduli Lampung. Kata kunci : Implementasi dan Pendayagunaan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 07:14
Last Modified: 28 Jan 2021 07:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13093

Actions (login required)

View Item View Item