EFEKTIVITAS PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP N 1 PAGELARAN PRINGSEWU

BINTI, SAFANGAH (2021) EFEKTIVITAS PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMP N 1 PAGELARAN PRINGSEWU. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1, 2 DAN DAPUS.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI BINTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan akhlak peserta didik di SMP N 1 Pagelaran, untuk mengetahui bagaimana kekompakan guru-guru dalam membina akhlak peserta didik dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru-guru dalam pembinaan akhlak peserta didik serta cara-cara yang dilakukan untuk mengatasi kendalakendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, display data dan penarik kesimpulan. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI dan peserta didik. Dari hasil penelitian ini, efektivitas pembinaan akhlak peserta didik di SMP N 1 Pagelaran Pringsewu telah berjalan cukup baik, hal ini dapat dilihat dari hasil wawancara yang dilakukan dengan guru PAI dan guru BK juga Kepala Sekolah yang menunjukkan prestasi-prestasi yang diraih oleh peserta didik. Namun terdapat catatan dalam hal pelanggaran terhadap peraturan dan tata tertib sekolah, menurut hasil penelitian yang telah didapatkan, perilaku-perilaku yang melanggar peraturan dan tata tertib tersebut merupakan dampak dari pergaulan peserta didik di luar lingkungan sekolah yang dinilai kurang baik. Kata-kata kunci : Efektivitas, Pembinaan, dan Akhlak Akhlak adalah kualitas dalam perbuatan manusia yang menunjukkan bahwa perbuatan itu benar atau salah, baik atau buruk. Akhlak mencakup tentang baik-buruknya perbuatan manusia terhadap manusia lain dalam berinteraksi sehari-hari. Pembinaan akhlak adalah segala usaha yang dilakukan dengan sadar, berencana dan teratur untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan dengan pengendalian dan pengembangan tingkah laku. Membina akhlak peserta didik tentunya bukan hanya tanggung jawab seorang guru Pendidikan Islam, akan tetapi merupakan tanggung jawab bersama dalam sebuah lembaga pendidikan formal, namun guru Pendidikan Agama Islam memiliki peran yang besar dalam membina akhlak peserta didik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:45
Last Modified: 28 Jan 2021 06:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13087

Actions (login required)

View Item View Item