PENGARUH LASSWELL COMMUNICATION MODEL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEPRIBADIAN KEIRSEY

RAMAYUDHA, DWI AJI G (2021) PENGARUH LASSWELL COMMUNICATION MODEL BERBASIS PEMECAHAN MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS PESERTA DIDIK DITINJAU DARI KEPRIBADIAN KEIRSEY. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab I-II-dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAMAYUDHA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil Pra survey di SMP IT Gema Karya Lampung diketahui bahwa kemampuan koneksi matematis peserta didik masih rendah. Hal tersebut diketahui karena terdapat beberapa indikator dari kemampuan koneksi matematis yang belum dikuasai peserta didik, terlihat dari cara peserta didik mengerjakan soal, yakni beberapa peserta didik langsung menjawab pertanyaan yang diberikan tanpa memikirkan langkah awal apa yang mereka ketahui, dan kurang memahami apa yang ditanyakan. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pengaruh Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematis. (2) untuk mengetahui pengaruh kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis peserta didik. (3) untuk mengetahui interaksi antara Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah dengan kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis peseta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy eksperimen design. Populasi penelitian peserta didik seluruhnya kelas VII SMP IT Gema Karya Lampung. Teknik pengambilan sampel secara acak dengan dua kelas sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan tes kemampuan koneksi matematis dan amgket tipe kepribadian. Teknik analisis digunakan yakni analisis variansi dua jalan sel tak sama. Menurut hasil penelitian dan pembahasan hasil perhitungan uji analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5% dan diperoleh nilai Sig. = 0.011 < 0.05 memperlihatkan bahwa H0 ditolak, Sig.= 0.259 > 0.05 memperlihatkan H0 diterima, Sig. = 0.479 > 0.05 memperlihatkan H0 diterima. Berdasarkan pada hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh pengaruh Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah terhadap kemampuan koneksi matematis. (2) tidak terdapat pengaruh tipe kepribadian terhadap kemampuan koneksi matematis. (3) tidak terdapat interaksi antara pengaruh Lasswell Communication Model berbasis pemecahan masalah dengan kepribadian keirsey terhadap kemampuan koneksi matematis. Kata kunci: Lasswell Communication Model berbasis Pemecahan masalah, Tipe Kepribadian dan Kemampuan Koneksi Matematis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 06:07
Last Modified: 28 Jan 2021 06:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13079

Actions (login required)

View Item View Item