EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Sukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus)

CINDY, AZIZAH (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN DANA DESA TERHADAP PEMBANGUNAN INFRASTRUKTUR DESA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi pada Desa Sukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (690kB)
[thumbnail of SKRIPSI CINDY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dana Desa adalah dana APBN yang diperuntukkan bagi Desa yang ditransfer melalui APBN kabupaten/kota dan diprioritaskan untuk pelaksanaan pembangunan pemberdayaan masyarakat.Setiap tahun pemerintah pusat telah menganggarkan Dana Desa yang cukup besar diberikan kepada desa untuk pembangunan didesa.UndangUndang No. 6 Tahun 2014 tentang Desa menjadi tonggak perubahan paradigma peraturan desa. Desa tidak lagi dianggap sebagai objek pembangunan, melainkan sebagai subjek dan ujung tombak pembangunan dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.Tujuan dari penelitian ini adalah pertama Untuk mengetahuifaktor-faktor yang mendukung dan menghambat efektivitas penggunaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur pada desa Sukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.Kedua Untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur pada desaSukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus.Ketiga Untuk mengetahui efektivitas penggunaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur pada desa Sukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus berdasarkan tinjauan Perspektif Ekonomi Islam.Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Populasi berjumlah 547 orang dan sampel berjumlah 55 orang.sumber data yang digunakan adalah data primer dan sekunder yang didapat dengan metode wawancara,observasi dan dokumentasi. Setelah peneliti mengumpulkan data kemudian dilakukan langkah selanjutnya yaitu Analisis data.setelah melakukan analisis data selanjutnya reduksi data setelah data direduksi maka langkah selanjutnya adalah mendisplay data baru lah kita bisa menarik kesimpulan.dari hasil penelitian efektivitas penggunaan dana desa terhadap pembangunan infrstruktur dalam perspektif ekonomi Islam di desa Sukamerindu Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus adalah sebesar 87,80% dikatakan cukup efektif karena hampir mendekati 90%. Faktor yang mendukung dalam pembangunan infrastruktur adalah sumber daya manusia dan pendanaan. Faktor penghambat dalam pembangunan infrastruktur adalah peran lembaga desa yang belum menunjang kegiatan pembangunan, dan pemahaman yang kurang dari masyarakat tentang regulasi kegiatan pembangunan. Efektivitas penggunaan dana desa terhadap pembangunan infrastruktur desa berdasarkan tinjauan perspektif ekonom Islam sudah cukup efektif atau sudah dirasakan masyarakat desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Hal ini berdasarkan Ekonomi Islam maka dapat dikatakan baik menurut asas keadilan sebagaimana tugas manusia sebagai khilafah di muka bumiini. Kata Kuci: Efektivitas, Dana Desa, Pembangunan Infrastruktur

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 05:59
Last Modified: 28 Jan 2021 05:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item