KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM REKRUTMEN CALON SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IKROM KEDONDONG PESAWARAN

YOSI, DELFIYANTI (2021) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM REKRUTMEN CALON SANTRI DI PONDOK PESANTREN DAARUL IKROM KEDONDONG PESAWARAN. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER,BAB1,2,DAPUS YOSI DELFIYANTI.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI YOSI DELFIYANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Pondok pesantren pada dasarnya adalah lembaga Tafaqqul fid din, yaitu lembaga untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu ke Islaman (Al-ulum,,alsyari’ah). Sebagai salah satu lembaga pengkajian agama Islam yang ikut mencerdaskan bangsa, dalam memperkenalkan kualitas potensi yang dimiliki pondok pesantren Daarul Ikrom Kedondong Pesawaran kepada masyarakat dengan melalui teknik yang efektif dan efesien. Rumusan masalah yang terdapat dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif yang dilakukan pengurus pondok pesantren Daarul Ikrom dalam merekrut calon santrinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana teknik komunikasi persuasif dalam rekrutmen calon santri di pondok pesantren Daarul Ikrom dan apa saja faktor pendukung dan penghambat yang dihadapi dalam rekrutmen calon santri. Penelitian yang dilakukan adalah dengan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif. Sumber data primer yang digunakan berasal dari wawancara dan observasi kepada pihak pondok pesantren Daarul Ikrom. Kemudian data sekunder bersumber dari berbagai dokumen dan data lengkap lainnya. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan mengenai teknik komunikasi persuasif dalam rekrutmen calon santri di pondok pesantren Daarul Ikrom dalam mengajak, membujuk dan meyakini wali santri menggunakan teknik ganjaran pay of technique yakni dengan mengiming-imngi atau memberi harapan kepada komunikan, Iching atau tataan yaitu dengan mempersiapkan terlebih dahulu pesan yang akan disampaikan, teknik planting atau penanaman yaitu dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh komunikan, dan teknik asosiasi yaitu dengan mengaitkan pesan pada situasi saat ini. Selanjutnya dalam rekrutmen santri yang dilakukan panitia penerimaan santri baru dan pengurus yayasan dengan dibantu partisipan dari wali santri yang menyebarkan informasi seputar pondok dan mengajak masyarakat disekitar lingkungannya, bergrilya mendatangi langsung kerumah-rumah masyarakat mempromosikan pondok dan berkomunikasi secara langsung bertujuan meyakini masyarakat untuk memasukkan anaknya ke pondok Daarul Ikrom Kedondong Pesawaran. Adapun yang menjadi faktor pendukung keberhasilan rekrutmen santri yaitu karena kepercayaan dan keterbukaan komunikan kepada komunikator, sehingga komunikator memberikan feedback atau timbal balik yang baik. Sedangkan faktor penghambat yaitu kurangnya perencanaan atau persiapan panitia maupun pengurus pondok, akibat keterbatasan waktu, dan kurangnya tenaga pengajar yang menyebabkan double job sehingga proses rekrutmen santri menjadi tidak terealisasi secara maksimal. Teknik komunikasi persuasif yang dilakukan panitia rekrutmen maupun pengurus pondok dinilai cukup efektif, berdasarkan data yang didapat bahwa terjadi pengingkatan jumlah santri di setiap tahunnya. Kata kunci: Komunikasi persuasif, Rekrutmen, Pesantren Daarul Ikrom

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Jan 2021 05:35
Last Modified: 28 Jan 2021 05:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13071

Actions (login required)

View Item View Item