PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MAJALAH ISLAMI BERBASIS DIGITAL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK SUBTEMA SUMBER ENERGI

EKA, EFRIDA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MAJALAH ISLAMI BERBASIS DIGITAL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK SUBTEMA SUMBER ENERGI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERUPA MAJALAH ISLAMI BERBASIS DIGITAL UNTUK KETERAMPILAN MENYIMAK PESERTA DIDIK KELA III SUB TEMA SUMBER ENERGI ABSTRAK Majalah sering dipandang sebagai sebuah media masa cetak, yang sulit dipahami oleh anak-anak khususnya peserta didik sekolah dasar. Namun dengan seiring perkembangan zaman majalah merupakan sebuah inovasi baru untuk pendidikan, yaitu digunakan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan. Hasil observasi yang dilakukan di MI NU Negara Batin Kabupaten Tanggamus dan MIN 1 Bandar Lampung di dapati bahwa bentuk media pembelajaran yang digunakan belum begitu menarik peserat didik untuk belajar. Berdasarkan permaslahan tersebut, solusi untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengembangkan sebuah media pembelajaran yaitu pengembangan media berupa majalah islami berbasis digital. Tujuan dari penelitian ini, sebagai berikut: (1) untuk mengetahui proses pengembangan media majalah islami pada sub tema sumber energi kelas III semester II, (2) Untuk mengetahui hasil kelayakan media majalah islami berbasis digital pada sub tema sumber energi kelas III semester II. Peneliti menggunakan penelitian dan pengembangan (R&D) Dengan menggunakan model Borg and Gall yang dilakukan hingga pada langkah ke tujuh, adapun langkah-langkah tersebut sebagai berikut: (1) Potensi dan masalah, (2) Pengumpulan data, (3) Desain produk, (4) Validasi desain, (5) Revisi desain, (6) Uji coba produk, (7) Revisi produk. Berdasarkan langkah-langkah diatas, peneliti menghasilkan suatu produk berupa media majalah islami berbasis digital pada sub tema sumber energi. Hasil penilaian dari ahli materi memperoleh rata-rata 79% “layak”. Hasil penilaian dari ahli media memperoleh rata-rata 81,76% “sangat layak”. Hasil penilaian dari ahlki bahasa memperoleh rata-rata 80% “layak”. Hasil penilaian dari praktisi pendidikan memperoleh rata-rata 96,65% “sangat layak”. Hasil angket respon peserta didik pada uji coba skala kecil memperoleh rata-rata 80,56% “layak”. Hasil uji coba skala besar memperoleh skor rata-rata 77,18% “layak”. Berdasarkan hasil uraian diatas maka produk yang dikembangkan oleh peneliti layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Adanya produk ini diharapkan dapat menjadikan pembelajaran yang lebih menyenangkan untuk peserta didik, sebagai tambahan media bagi pendidik, dan untuk peneliti selanjutnya, diharapkan dapat lebih lebih menyempurnakan media majalah islami berbasis digital agar lebih edukatif dan inovatif. Kata Kunci: Media Majalah Islami Berbasis Digital, Keterampilan Menyimak

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:01
Last Modified: 27 Jan 2021 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13065

Actions (login required)

View Item View Item