ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN RESIKO PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung)

Vera, Febriani (2021) ANALISIS PERAN AUDIT INTERNAL TERHADAP EFEKTIVITAS MANAJEMEN RESIKO PADA PERBANKAN SYARIAH (Studi pada Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dengan berkembangnya dunia usaha yang semakin pesat menimbulkan permasalahan yang dihadapi. Salah satu penyebab kegagalan tersebut adalah kurang baiknya manajemen yang dilaksanakan oleh perusahaan yang bersangkutan dalam mengelola perusahaan. Untuk mengantisipasi kemungkinan tersebut, maka fungsi-fungsi manajemen seperti pengendalian, perencanaan, pengorganisasian dan pengarahan yang merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan satu dengan lainnya, harus sepenuhnya dilaksanakan dan Peran Audit Internal diperlukan. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana peran audit internal terhadap efektivitas manajemen resiko pada Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung dan Peran Audit Internal terhadap Manajemen Resiko dalam Prespektif Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis peran audit internal terhadap efektivitas manajemen resiko pada perbankan syariah studi kasus pada Bank Syariah Mandiri Bandar Lampung dan Peran Audit Internal terhadap Manajemen Resiko dalam Prespektif Islam. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengambilan sampel menggunakan metode Purposive sampling. Dan sampel yang diambil sejumlah 14 orang responden. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier sederhana dengan menggunakan alat bantu SPSS.26 dengan metode analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif, uji instrument, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh , bahwa variabel X (peran audit internal) berpengaruh terhadap variabel Y (efektivitas manajemen resiko) hal ini dibuktikan berdasarkan pengujian yang diperoleh untuk ttabel sebesar 2,179. Sedangkan untuk thitung pada variabel X (peran audit internal) sebesar 3,324, dan berdasarkan tingkat taraf signifikan 0,006 < 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak H1 diterima yang artinya terdapat pengaruh signifikan peran audit internal terhadap efektivitas manajemen resiko. Berdasarkan uji koefisien determinasi (R2), nilai R Square sebesar 0,479 yang artinya peran audit internal dalam meningkatkan efektivitas manajemen resiko pada Bank Syariah Mandiri memberikan kontribusi sebsar 47,9%. Artinya peran audit internal berpengaruh positif dan signifikan sebesar 0,479 atau 47,9% terhadap efektivitas manajemen resiko Bank Syariah Mandiri dan Peran Audit Internal dalam Prespektif Islam dimana audit syariah selain mengacu pada standar audit nasional dan internasional juga mengacu pada prinsip-prinsip syariah dan harus berpedoman kepada Al-Qur’an dan As-Sunnah. Kata Kunci : Audit Internal, Manajemen Resiko ,Bank Syariah Mandiri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:35
Last Modified: 27 Jan 2021 06:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13059

Actions (login required)

View Item View Item