FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ANAK ASUH DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) TUNAS HARAPAN AISYIYAH KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG

LIA, RENDANI (2021) FUNGSI MANAJEMEN DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN AGAMA ANAK ASUH DI LEMBAGA KESEJAHTERAAN SOSIAL ANAK (LKSA) TUNAS HARAPAN AISYIYAH KABUPATEN PRINGSEWU LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I,II DAPUS.pdf] PDF
Download (612kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen merupakan suatu proses yang dapat mempengaruhi perkembangan organisasi. Fungsi-fungsi manajemen tidak akan dapat direalisasikan sebelum dilakukan suatu proses pengambilan keputusan. Karena setiap kegiatan membutuhkan tindakan-tindakan yang paling efektif dari beberapa alternative yang ada untuk mencapai tujuan. Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tunas Harapan Aisyiyah Pringsewu perlu manajemen yang baik dalam setiap kegiatan yang akan diselenggarakan. Peneliti mengadakan penelitian mengenai fungsi manajemen (khususnya fungsi pelaksanaan) dalam meningkatkan pemahaman agama khususnya akhlak pada anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tunas Harapan Aisyiyah Kecamatan Pringsewu Kabupaten Pringsewu, dengan rumusan penelitian yaitu bagaimana fungsi pelaksanaan dalam meningkatkan pemahaman agama anak asuh khususnya akhlak di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tunas Harapan Aisyiyah Pringsewu? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui fungsi manajemen (khususnya fungsi pelaksanaan) dalam meningkatkan pemahaman agama khususnya akhlak pada anak asuh di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tunas Harapan Aisyiyah Pringsewu. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, adapun populasi dan sampel dalam penelitian ini yaitu, populasi sebanyak 38 orang dan sampel sebanyak 6 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil yang ditemukan dalam penelitian ini adalah pelaksanaan dalam meningkatkan pemahaman agama khususnya akhlak pada anak asuh telah berjalan dengan cukup baik, dapat dilihat dari proses yang dilakukan, metode yang digunakan dan tahapan pelaksanaan. Fungsi pelaksanaan (actuacting) dalam meningkatkan pemahaman agama khususnya akhlak anak asuh di LKSA Tunas Harapan Aisyiyah Pringsewu telah berjalan dengan cukup baik, bisa dilihat dari adanya 3 poin yang dilakukan yaitu Pemberian motivasi berupa reward bagi anak-anak asuh yang memiliki akhlak baik berupa perlakuan baik dan pujian, dan punishment atau hukuman bagi anak-anak asuh yang bersifat buruk, misalnya berbohong, mencuri dan tidak patuh akan peraturan akan mendapatkan sanksi berupa memberikan pandangan yang sinis, tidak memperdulikannya, memberikan ancaman yang positif dan menghukumnya dengan cara bersih-bersih, bimbingan (directing) berupa pemberian metode-metode dalam meningkatkan pemahaman agama sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan, serta Penjalinan Hubungan / Koordinasi berupa musyawarah antar pengurus yang dilakukan setiap dua kali dalam setahun dan melakukan kegiatan bersama anak asuh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:14
Last Modified: 27 Jan 2021 06:14
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13055

Actions (login required)

View Item View Item