PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

DWI, APRIDA NISA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING (SFAE) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of perpus pusat.pdf] PDF
Download (11MB)
[thumbnail of Skripsi Full Dwi Aprida Nisa Fix Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan pemecahan masalah matematis merupakan bagian dari kurikulum matematika yang sangat penting. Berdasarkan pra penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik MTs Guppi Babatan masih rendah. Hal ini bisa disebabkan karena proses pembelajaran yang digunakan kurang mampu mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis. Penerapan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) diharapkan bisa memperbaiki masalah tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan Quasy Eksperiment dan desain yang digunakan adalah post-test only control. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas VII MTs Guppi Babatan. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan acak kelas. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikan diperoleh hasil bahwa sehingga ditolak, sehingga ditolak, sehingga diterima, sehingga diperoleh kesimpulan: (1) Terdapat pengaruh antara pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. (2) Terdapat perbedaan kemandirian belajar yang memiliki kemandirian belajar tinggi, sedang, dan rendah terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Tidak ada interaksi antara model SFAE dengan kemandirian pembelajaran peserta didik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Kata Kunci: Model pembelajaran Student Facilitator and Explaining (SFAE), Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:03
Last Modified: 27 Jan 2021 06:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13054

Actions (login required)

View Item View Item