PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO AKAD NATURAL CERTAINTY CONTRACT (NCC) DALAM MENANGGULANGI WANPRESTASI (Studi Pada BPRS Kota Bandar Lampung)

Marjupansah, Salim (2021) PENERAPAN MANAJEMEN RISIKO AKAD NATURAL CERTAINTY CONTRACT (NCC) DALAM MENANGGULANGI WANPRESTASI (Studi Pada BPRS Kota Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Lembaga keuangan BPRS Kota Bandar Lampung merupakan lembaga keuangan yang berkembang sangat pesat saat ini produk yang di tawarkan oleh bank islam tidak satupun yang luput dari risiko dalam perjalananya. Risiko dalam koteks perbankan merupakan suatu kejadian yang potensial, risiko-risiko tersebut tidak dapat di hindari, tetapi hanya bisa di kelola dan di kendalikan. Oleh karena itu, sebagaimana lembaga perbankan pada umumnya, BPRS Kota Bandar Lampung juga memerlukan serangkaian prosedur metodologi yang dapat di gunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memantau dan mengendalikan risiko yang timbul dari kegiatan usaha. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan manajemen resiko akad Natural certainty Contract (NCC) dalam menanggulangi wanprestasi pada BPRS Kota Bandar Lampung?: 2) Apakah penerapan manajemen resiko akad Natural Certainty Contract ( NCC) dalam menanggulangi wanprestasi pada BPRS Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan prinsip syariah ? Adapun tujuan penelitian untuk mengetahui Bagai mana penerapan manajemen resiko akad Natural certainty Contract (NCC) dalam menanggulangi wanprestasi pada BPRS Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, di lakukan dalam keadaan yang sebenarnya. Data yang diperoleh dari wawancara dengan wakil Direktur, Account Officer (AO) BPRS Kota Bandar lampung. Selain penelitian lapangan, didukung juga dengan penelitian pustaka yang bertujuan mengumpulkan data atau informasi yang berkaitan dengan data manajemen risiko akad Natural Certainty Contract dalam menanggulangi wanprestasi pada BPRS Kota Bandar Lampung. Pengolahan data di lakukan melalui Editing, Organizing, dan analyzing. Dari penelitian ini yang telah di lakukan dapat di simpulkan bahwasanya BPRS Kota Bandar Lampung dalam menerapkan manajemen risiko akad Natural Certainty Contract (NCC) dalam menanggulangi wanprestasi menerapkan manajemen risiko melalui Identifikasi risiko, pengukuran risiko pemantauan risiko dan pengendalian risiko serta melakukan analisis dengan perinsip 5C+1 S yaitu: Character, capacity, capital, collateral, condition dan syariah. Penerapan manajemen risiko yang telah di terapkan oleh BPRS Kota Bandar Lampung telah sesuai dengan perinsip-perinsip dan nilai-nilai syariah karena BPRS Kota Bandar Lampung selalu bertindak berdasarkan dengan pedoman yang di tetapkan dalam Al-Qur’an. Kata Kunci: Manajemen Risiko, Akad Natural Certainty Contract, Wanprestasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 06:08
Last Modified: 27 Jan 2021 06:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13053

Actions (login required)

View Item View Item