PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018)

RIZKI, TRINANDA LESTARI (2021) PENGARUH ZAKAT DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP KINERJA KEUANGAN (STUDI PADA BANK UMUM SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2014-2018). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (3MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perbankan syariah adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa oleh karena itu kepercayaan masyarakat sangat penting untuk kelancaran usaha dan perlu didukung dengan kinerja bank yang baik. Perusahaan harus memberikan value kepad masyarakat lingkungan sekitar bank itu sendiri agar nilai perusahaan bank semakin lebih baik di mata para pemegang saham, masyarakat dan nasabah pada bank itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh variabel independen yaitu zakat dan CSR terhadap variabel dependen yaitu kinerja keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2018. Dalam penelitian ini di dukung oleh signalling theory dan Sharia Enterprise Theory. Teori sinyal merupakan sinyal informasi mengenai kondisi perusahaan pada prospek masa depan dalam memahami manajemen keuangan. Informasi mengenai perusahaan merupakan sinyal bagi investor dalam keputusan berinvestasi. Teori SET memandang cakupan stakeholder baik secara vertikal maupun horizontal, selin itu SET memandang bahwa segala aktivitas sosial perusahaan merupakan suatu bentuk kepatuhan pemilik perusahaan terhadap keyakinannya agar dapat dimanfaatkan secara sosial oleh para stakeholder-nya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh zakat terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2018?, Bagaimana pengaruh CSR terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di indonesia Periode 2014-2018?, dan Bagaimana pengaruh zakat dan CSR terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2018?. Penelitian ini menggunaka metode kuantitatif, data yang digunakan merupakan data skunder yaitu laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari masing-masing perusahaan yang telah dipublikasi. Indikator variabel zakat menggunakan zakat internal, indikator variabel CSR diukur dengan menggunakan indeks Islamic Social Reporting (ISR), indikator variabel kinerja keuangan diukur menggunakan rasio Return On Assets (ROA). Metode analisis yang digunakan adalah data panel yang merupakan gabungan dari cross section dan time series dengan menggunakan aplikasi eviews 9. Kesimpulan dalam penelitian ini berdasarkan uji statistik adalah zakat tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di indonesia periode 2014-2018, CSR tidak berpengaruh secara parsial terhadap kinerja keuangan Bank umum Syariah di indonesia periode 2014-2018, dan secara simultan zakat dan CSR tidak berpegaruh terhadap kinerja keuangan Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2014-2018. Kata kunci : Zakat, CSR, ROA

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:56
Last Modified: 27 Jan 2021 05:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13052

Actions (login required)

View Item View Item