SRI, YULI ASTUTI (2021) IMPLEMENTASI METODE IMLA’ PADA KEMAMPUAN MENULIS ARAB MATA PELAJARAN AL-QURAN HADITS KELAS V MIN 6 LAMPUNG UTARA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (873kB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
ABSTRAK IMPLEMENTASI METODE IMLA’ PADA KEMAMPUAN MENULIS ARAB MATA PELAJARAN ALQURAN HADITS DI MIN 6 LAMPUNG UTARA Oleh : Sri Yuli Astuti Penelitian ini melatar belakangi penelitian kemampuan menulis arab dengan menggunakan metode imla‟. Menulis merupakan tingkat kemampuan yang berpotensi tinggi diantara empat kopetensi lainnya, oleh karnanya metode dalam pembelajaran sangat dibutuhkan dalam meningkatkan kemampuan menulis arab. Metode Imla‟ adalah sebuah metode pengajaran menulis bahasa Arab, yang dimana dapat membuat peserta didik untuk menguasai dan terampil dalam memperaktikkan penulisan arab. Imla‟ merupakan salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan menulis arab peserta didik dengan baik dan benar sesuai dengan rumusan masalah. Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana implementasi metode imla‟ pada kemampuan menulis arab mata pelajaran Alquran hadits kelas V MIN 6 Lampung Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode imla‟ pada proses pembelajaran yang dilakukan di MIN 6 Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif sebab penelitian ini menggambarkan bagaimana pengimplementasian guru kelas V dalam penggunaan metode imla‟ pada mata pelajaran Alquran hadits yang melibatkan guru kelas V MIN 6 Lampung Utara sebagai subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi secara Online melalui Grup via WhatsApp. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi penggunaan metode imla‟ pada mata pelajaran Alquran hadits kelas V MIN 6 Lampung Utara menunjukkan bahwa penerapan metode imla‟ pada mata pelajaran Alquran hadits guru menggunakan metode imla‟ Almandhur. Dari kegiatan ini menunjukkan bahwa dari 33 peserta didik 20 siswa yang tuntas dan 13 siswa yang belum tuntas hal ini dapat dikatan peserta didik memiliki peneingkatan dalam menulis arab. Maka dapat disimpulkan bahwa pengimplementasi metode imla‟ pada kemampuan menulis arab mata pelajaran Alquran hadits terbukti efektif dan cukup maksimal dapat membantu peserta didik tidak hanya mendengar dan memahami Alquran dan hadits saja namun dapat menulis, membaca, memahami dan mendengar tulisan arab Alquran dengan baik dan benar pada mata pelajaran Alquran Hadits di MIN 6 Lampung Utara. Kata Kunci : Metode Imla, Menulis Arab, Mata Pelajaran Alquran Hadits
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 27 Jan 2021 05:48 |
Last Modified: | 27 Jan 2021 05:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13050 |
Actions (login required)
View Item |