PERAN PENGURUS MAJELIS TA’LIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI MAJELIS TA’LIM HAQQUL MU’MIN SUKARAME BANDAR LAMPUNG

HILDA, OLVIA (2021) PERAN PENGURUS MAJELIS TA’LIM DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KEAGAMAAN DI MAJELIS TA’LIM HAQQUL MU’MIN SUKARAME BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1,2 DAPUS HILDA OLIVIA.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI HILDA OLIVIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Oleh: HILDA OLVIA Peran pengurus sebuah lembaga sangatlah penting dalam memajukan lembaga tersebut,majelis ta’lim sendiri diartikan sebagai tempat atau lembaga pendidikan, dan kegiatan belajar mengajar (khususnya bagi kaum muslimah) dalam mempelajari, mendalami, dan memahami ilmu pengetahuan tentang agama Islam dan sebagai wadah mereka dalam malaksanakan berbagai kegiatan kemaslahatan Kepada jamaahnya.Penelitian ini adalah pembahasan tentang peran pengurus majelis ta’lim dalam meningkatkan pemahaman keagamaan di majelista’lim.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi , dokumentasi dan wawancara. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengurus majelis ta’lim, dan anggota majelis ta’lim pada satu tahun terakhir sebesar 60 orang. Dalam menetapkan sample peneliti melakukan langkah-langkah, pertama menggali informasi dari jamaah yang aktif danpengurus majelista’lim, dengan tehnik tersebut ditetapkan bahwa sampel penelitian ini sebanyak 16 orang. Hasil yang diperoleh adalah Perandari pengurus majelis ta’lim dalam meningkatkan pemahaman tentang agama (ibadah) sangat baik dengan perkembangannya yang membuat jamaah majelis ta’lim lebih memahami tentang agama dari pada sebelumnya. Dengan metode penyampaian materi yang diberikan pemateri tidak membosankan bagi jamaah sehingga dapat diterima dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dengan baik. Dari data yang berhasil dihimpun dan pembahasan terhadap peran pengurus majelis ta’lim sangat berpengaruh besar bagi kemajuan jamaah dalam menanam kan nilai keagamaan dan metode penyampaian materi yang sangat diterima baik oleh jamaah majelista’lim.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:44
Last Modified: 27 Jan 2021 05:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13049

Actions (login required)

View Item View Item