ANALISIS PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung)

PATMIYATI, Saifulloh (2021) ANALISIS PENERAPAN PRINSIP SYARIAH PADA PRODUK ARRUM HAJI DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (5MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Ibadah haji merupakan salah satu rukun Islam yaitu rukun Islam kelima merupakan suatu perwujudan sikap pasrah dan tunduknya seorang hamba kepada Tuhannya. Ibadah haji adalah wajib namun bagi orang yang belum mampu maka tidak diwajibkan berhaji. Ibadah haji di Indonesia memiliki sistem tunggu karena kuota haji setiap tahunnya telah ditentukan. Sedangkan disatu sisi masyarakat dengan ekonomi tertentu harus menabung untuk mampu melunasi biaya haji agar mendapatkan kuota pada tahun tertentu. Jika masyarakat dengan ekonomi yang belum mencukupi mendaftar haji saat tabungan sudah cukup maka pada saat itu harus menunggu juga untuk waktu keberangkatan. Hal ini yang kemudian memicu munculnya produk Arrum Haji yang dikeluarkan oleh Pegadaian Syariah. Dengan adanya Arrum Haji masyarakat tidak perlu menabung terlebih dahulu untuk kemudian baru mendaftarkan nomor haji yang selanjutnya akan membutuhkan waktu lagi untuk menunggu keberangkatan. Dengan Arrum Haji masyarakat dapat menyicil biaya untuk berangkat haji sehingga waktu tunggu keberangkatan dapat digunakan untuk melunasi pembiayaan dari pegadaian. Hal ini menunjukkan adanya efisiensi waktu dan efisiensi biaya mengingat bahwa adanya nilai waktu dalam uang. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan prinsip syariah pada Produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung? Dengan tujuan penelitian sebagaimana yang dirumuskan yaitu untuk mengetahui penerapan prinsip syariah pada Produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung. Jenis penelitian ini yaitu field research atau penelitian lapangan, sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh langsung dari wawancara secara langsung dengan pihak Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung, sementara data sekunder diperoleh dari literatur kepustakaan dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan penyaluran produk Arrum Haji di Pegadaian Syariah Radin Intan Lampung telah menerapkan prinsip syariah dan memberlakukan Fatwa DSN No.92/DSN-MUI/IV/2014 tentang pembiayaan yang disertai rahn (At-Tamwil Al-Mautsuq Bi Al-Rahn) sebagai pedoman operasionalnya. Penerapan prinsip syariah pada Pegadaian Syariah Radin Intan Bandar Lampung meliputi prinsip keimanan (tauhid), adl (keadilan), nubuwwah (kenabian), khilafah (pemerintah), dan ma’ad (hasil). Pengimplementasian prinsip syariah terlihat pada tata cara dalam proses penyaluran produk hingga kebijakankebijakan yang diberlakukan dalam menangani permasalah ataupun risiko-risiko yang memunkinkan dapat terjadi pada saat akad sedang berlangsung. Kata kunci: Prinsip Syariah, Arrum Haji, Pegadaian Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:40
Last Modified: 27 Jan 2021 05:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13048

Actions (login required)

View Item View Item