PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERSEBASIS POP-UP BOOK DENGAN BERBALUT KEBUDAYAAN LAMPUNG

REKA, DAMAIYANTI (2021) PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERSEBASIS POP-UP BOOK DENGAN BERBALUT KEBUDAYAAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Reka Damaiyanti.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (111MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL GEOMETRI BERBASIS POP UP BOOK DENGAN BERBALUT KEBUDAYAAN LAMPUNG Oleh Reka Damaiyanti Geometri menjadi hal menarik untuk dikembangkan sebagai alat pembelajaran berupa modul atau modul berbasis pop up book. Pada sub bab materi bangun ruang sisi datar pada kelas siswa SMP masih ditemui kesulitan oleh siswa dalam memahami konsep geometri pada sub bab bangun ruang sisi datar dikarenakan kurang menariknya buku pembelajaran yang ada di sekolah. Tujuan penelitian ini guna menghasilkan sebuah produk berupa modul geometri berbasis pop up book dengan berbalut kebudayaan Lampung. Penelitian ini menggunakan metode R&D Borg and Gall dalam mengembangkan sebuah modul geometri dengan subyek penelitiannya adalah siswa SMP N 1 Ambarawa. Pada penelitian ini digunakan 7 langkah dari 10 langkah yang terdapat pada metode Borg And Gall yaitu research and information collect (penelitian dan pengumpulan data), planning (perencanaan), develop preliminary form of product (pengembangan draft produk awal), preliminary field testing (uji lapangan awal), main product revision (revisi produk awal), main field testing (uji lapangan produk utama), dan dissemination and implementasi (desiminasi dan implementasi). Pengumpulan informasi dijadikan sebuah acuan tentang sebuah hasil dari produk baru. Teknis Analisis Data dalam penelitian ini merupakan analisis deskriptif kualitatif. Adapun hasil Penilaian validator media dan validator materi tergolong kategori “Sangat Layak” dengan nilai masing-masing 86,11% dan 87,50%. Pengembangan modul dengan berbasis pop up book dengan berbalut kebudayaan Lampung memperoleh persentase sebesar 88% pada uji coba skala kecil dengan kategori “Sangat Menarik”. Pada uji coba skala besar diperoleh persentase 94% dari siswa yang digolongkan dalam kategori “Sangat Menarik”. Kata kunci : Modul; Kebudayaan, Pop Up Book

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:36
Last Modified: 27 Jan 2021 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13047

Actions (login required)

View Item View Item