ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK MULIA DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan Lampung)

RIKA, FITRI YENI (2021) ANALISIS IMPLEMENTASI AKAD MURABAHAH PADA PRODUK MULIA DALAM MENINGKATKAN MINAT NASABAH DI PEGADAIAN SYARIAH (Studi Pada PT. Pegadaian Syari’ah Cabang Radin Intan Lampung). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pengelolaan kelas merupakan tombak utama dalam keberhasilan Guru dalam mendidik siswa, pada masa pandemi covid -19 ini kurikulum darurat diterapkan di sekolah tak luput sekolah SD/MI, salah satu sekilah yang menjalankan kurikulum darurat adalah sekolah MIN 11 Bandar Lampung, dimana hal ini peneliti tertarik melakukan penelitaian bagaimana sekolah tersebut menjalankan pengelolaan kelasnya dari keterampilan Guru dalam mengelola kelas. Jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder berupa wawancara observasi, dokumentasi dan angket. Teknik sampling yang digunakan peneliti adalah snowball sampling, yaitu pengambilan objek sumber data, yang pada awalnya jumlahnya sedikit, lama-lama menjadi besar selama penelitian berlangsung. Objek dalam penelitian kualitatif disebut sebagai informan, informan dalam penelitian ini berjumlah 1 orang, serta seluruh siswa kelas V MIN 11 Bandar Lampung yakni berjumlah 93 orang, yang akan diambil dengan cara snowball sampling, Hasil Penelitian Ini menyatakan Keterampilan guru dalam mengelola kelas pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas V di MIN 11 Bandar Lampung sudah tampak terampil, yang mana hal tersebut didapatkan dari hasil penelitian, yaitu: pertama, pengelolaan keadaan kelas, dalam menghadirkan siswa di setiap kelas jarak jauh dimulai.Kedua, guru senantiasa bersikap tanggap terhadap aktivitas siswa dalam merespon, ketiga keterampilan dalam memeberikan petunjuk dan tujuan yang jelas dalam memberikan tugas terlihat dari hasil belajar para siswa sesuai apa yg guru perintahkan, keempat keterampilan dalam menegur siswa memberi penguatan juga sudah dilakukannya dan didukung oleh penggunaan bahasa yang jelas, dan memberikan teguran dengan baik dan tidak mempermalukan siswa. Kelima menggunakan sarana media untuk belajar sehingga siswa dapat dimudahkan dalam mengikuti pembelajaran jarak jauh, keenam keterampilan dalam menyajikan pembelajaran yang terencana dan efektif, yaitu guru telah memeberikan ketepatan waktu dan tugas sehingga tidak menghambat siswa lain. Ketujuh keterampilan dalam memberikan pengertian kepada siswa mengenai kondisi tanggap darurat dengan menghadirkan siswa yang siap menghadapi setiap kondisi dan perubahan, kedelapan yaitu keteramplan dalam mengkaloborasikan orang tua dan sekolah agar sistem pembelajaran dapat terjalin dengan baik sebagai guru telah menjalakan pengelolaan keterampilan ini dengan sebaik mungkin. Kata Kunci: Keterampilan Guru, Pengelolaan Kelas, Kejenuhan Siswa, Pandemi Covid-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:32
Last Modified: 27 Jan 2021 05:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13046

Actions (login required)

View Item View Item