KAJIAN IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS APLIKASI WHATSAPP TERHADAP KEEFEKTIVAN DAN EFISIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DAMPAK WABAH COVID-19 RANAH SD/MI

AYU, DESIYANTI (2021) KAJIAN IMPLEMENTASI E-LEARNING BERBASIS APLIKASI WHATSAPP TERHADAP KEEFEKTIVAN DAN EFISIENSI BELAJAR PESERTA DIDIK DAMPAK WABAH COVID-19 RANAH SD/MI. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (1MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bermula dari wabah COVID-19 yang menjadikan pembelajaran tatap muka diganti dengan pembelajaran daring. Dalam hal ini Menteri Pendidikan mengeluarkan Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 tentang pelaksanaan pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai bagaimana pengaruh implementasi E-Learning berbasis aplikasi whatsapp terhadap keefektivan dan efisiensi belajar peserta didik dampak wabah COVID-19 ranah SD/MI. Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif, untuk memperoleh keabsahan data peneliti menggunakan teknik triangulasi dari beberapa teknik diantaranya wawancara, angket dan dokumentasi. Adapun sumber datanya adalah dari pendidik, peserta didik dan orangtua/walimurid di SDN 1 Kaliasin. Data dianalisis dengan kualitatif melalui teknik analisis data reduksi (Reduction Data), penyajian data (Display), dan penarikan kesimpulan (Verifikasi). Hasil penelitian menunjukan bahwa diperoleh hasil 69,7% digolongkan dalam kategori cukup baik yakni berada antara 41%-60% maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi whatsapp cukup efektif dalam menunjang pembelajaran secara daring peserta didik di SDN 1 Kaliasin. Kemudian, hasil diperoleh rata-rata 5,7% dalam kategori kurang efisien digunakan dalam pembelajaran secara daring oleh peserta didik di SDN 1 Kaliasin, Tanjung Bintang, Lampung Selatan. Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Efektivitas, Efisiensi, Covid-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jan 2021 05:26
Last Modified: 27 Jan 2021 05:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13045

Actions (login required)

View Item View Item