PENGEMBANGAN MODUL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS 3D PAGE FLIP PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA

Inda, Mintari (2021) PENGEMBANGAN MODUL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS 3D PAGE FLIP PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of 2. Skripsi Inda.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of 1. Skripsi Full Inda.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN MODUL INKUIRI TERBIMBING BERBASIS 3D PAGE FLIP PROFESIONAL UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 KALIANDA Oleh Inda Mintari Proses pendidikan tidak terlepas dari penggunaan bahan ajar. Bahan ajar yang digunakan belum mengembangkan kemampuan HOTS peserta didik secara maksimal. Salah satu media yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan HOTS peserta didik adalah modul inkuiri terbimbing berbasis 3d page flip professional untuk meningkatkan HOTS. penelitian ini adalah penelitian R&D dengan model pengembangan 4-D Thiagarajann dengan 4 tahapan yakni: 1) Penelitian pendahuluan (Define), 2) Perencanaan (Design), 3) Pengembangan (Develop), 4) Penyebaran (Disseminate). Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes HOTS, angket validasi modul yang diberikan kepada ahli media, ahli materi dan ahli bahasa untuk menguji kelayakan modul dan respon pendidik terhadap modul serta angket untuk peserta didik dengan uji coba terbatas dan uji coba lapangan untuk menguji kemenarikan modul, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji t independent. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa nilai kelayakan ahli media sangat layak yaitu 93%, nilai kelayakan ahli materi sangat layak yaitu 79%, nilai kelayakan ahli bahasa sangat layak yaitu 85%, nilai kelayakan uji coba terbatas layak yaitu 72%, dan nilai kelayakan uji coba lapangan sangat layak yaitu 76%. Ini menunjukkan bahwa modul inkuiri terbimbing berbasis 3d page flip professional untuk meningkatkan HOTS yang dihasilkan dalam penelitian ini layak untuk digunakan, dan berdasarkan uji t independent menunjukkan bahwa terdapat efektivitas modul inkuiri terbimbing berbasis 3d page flip professional untuk meningkatkan HOTS. Kata kunci: Modul Inkuiri Terbimbing, 3D Page Flip Professional, HOTS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 07:32
Last Modified: 26 Jan 2021 07:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13010

Actions (login required)

View Item View Item