CO-INTEGRATION DAN CONTAGION EFFECT YANG TERJADI PADA PASAR SAHAM SYARIAH DI INDONESIA, MALAYSIA, JERMAN, DAN JEPANG AKIBAT TERJADINYA PERANG MATA UANG CHINA-AS DENGAN MENGGUNAKAN METODE VAR DAN VECM (Periode Maret 2018 – Agustus 2019)

ADE AKBAR, CHAIRANSYAH LUBIS (2021) CO-INTEGRATION DAN CONTAGION EFFECT YANG TERJADI PADA PASAR SAHAM SYARIAH DI INDONESIA, MALAYSIA, JERMAN, DAN JEPANG AKIBAT TERJADINYA PERANG MATA UANG CHINA-AS DENGAN MENGGUNAKAN METODE VAR DAN VECM (Periode Maret 2018 – Agustus 2019). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (4MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pergerakan harga saham di suatu Negara tidak lagi hanya ditentukan oleh Negara itu sendiri. Saat ini pergerakan harga saham di Negara lain juga menjadi sangat berpengaruh terhadap pergerakan harga saham di Negara lainnya. Saham syariah adalah efek berbasis ekuitas yang memenuhi prinsip islam. Ojek transaksi saham syariah adalah kepemilikan perusahaan. Oleh sebab itu, saham hanya bisa diterbitkan oleh perusahaan atau koperasi, sedangkan negara tidak bisa menerbitkan saham. Hubungan antara investor dan perusahaan penerbit saham (emiten) adalah hubungan kepemilikan (owner relation) sehingga investor adalah pemilik atau pemegang saham (shareholder) dari perusahaan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah Jakarta Islamic Index (JII), Dow Jones Islamic World Malaysia Index (DJMY25D), Dow Jones Germany Titans 30 Index (DE30), Dow Jones Islamic Market Japan Index (DJIJP) terdapat Co-Integration dan Contagion Effect. Dalam hal ini penulis menggunakan beberapa teori diantaranya yaitu teori tentang signalling teory (teori sinyal), pasar modal, pasar saham syariah, pasar saham syariah amerika : Dow Jones Islamic Market Index (DJIMI), integrasi pasar saham, contagion effect (efek menular), dan perang mata uang. Penelitian ini menggunakan data kuantitatif yaitu data yang diukur dalam suatu skala numerik (angka). Periode penelitian Maret 2018-Agustus 2019. Variabel independen dari penelitian ini adalah DJMY25D, DE30, dan DJIJP. Sedangkan variabel dependen nya adalah ISSIJK. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder, yaitu indeks harga closing price diakhir bulan. Metode analisis yang digunakan adalah statistika deskriptif, analisis Vector Auto Regression (VAR), analisis Vector Error Corrcetion Model (VECM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perang mata uang yang terjadi antara China – Amerika Serikat tidak memiliki pengaruh terhadap pergerakan harga saham syariah di Malaysia, Jerman, dan Jepang. Namun terdapat kointegrasi dan efek penularan berpengaruh terhadap harga saham syariah di empat negara saat perang mata uang China – Amerika Serikat itu terjadi. Kata kunci : Co-Integration, Contagion Effect, Saham Syariah, Vector Auto Regression, dan Vector Error Correction Model.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:36
Last Modified: 26 Jan 2021 05:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13004

Actions (login required)

View Item View Item