PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP DAYA SAING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Daerah Lampung )

Dwi, Nurrohmah Novianingrum (2021) PENGARUH ORIENTASI KEWIRAUSAHAAN DAN KOMPETENSI WIRAUSAHA TERHADAP DAYA SAING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada UMKM Daerah Lampung ). Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PERPUS PUSAT Dwi Nurrohmah Novianingrum.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP Dwi Nurrohmah Novianingrum.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM dapat dilakukan para wirausahawan dengan melakukan perbaikan kedalam, salah satunya melalui pengembangan sumber daya manusia dengan peningkatan orientasi wirausaha dan kompetensi wirausaha sehingga mampu menjalankan usahanya serta menciptakan daya saing UMKM. UMKM merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan kerja dan memberikan pelayanan ekonomi secara luas kepada masyarakat. Rumusan masalah dalam penelitian ini, Bagaimanakah pengaruh orientasi wirausaha terhadap daya saing UMKM Lampung? Bagaimanakah pengaruh kompetensi wirausaha terhadap daya saing UMKM Lampung? Bagaimanakah pengaruh orientasi wirausaha dan kompetensi wirausaha secara bersama-sama terhadap daya saing UMKM Lampung?. Untuk mengetahui jawaban dari rumusan masalah tersebut dilakukan penelitian ini dengan cara menyebarkan kuesioner kepada para responden pelaku usaha UMKM di daerah Lampung bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi wirausaha terhadap daya saing UMKM Lampung, mengetahui pengaruh kompetensi wirausaha terhadap daya saing UMKM Lampung dan untuk mengetahui pengaruh orientasi wirausaha dan kompetensi wirausaha secara bersamaan terhadap daya saing UMKM Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif, penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Sumber data yang digunakan data primer dan data sekunder yang didapat dengan menggunakan metode pembagian kuesioner terhadap 30 responden pelaku usaha UMKM . setelah data terkumpul, selanjutnya data di olah dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis secara simultan (uji F) Orientasi Wirausaha dan Kompetensi Wirausaha berpengaruh signifikan terhadap Daya Saing dengan hasil nilai Fhitung > Ftabel atau 8,551 > 3,32, dan tingkat signifikan 0,001 < 0,05 maka H0 ditolak dan H3 diterima. Secara persial Orientasi wirausaha berpengaruh signifikan thitung lebih besar dari ttabel (2,384 > 2,042) serta nilai Sig 0,024 < 0,05, Kompetensi Wirausaha berpengaruh signifikan thitung lebih besar dari ttabel ( 3,108 > 2,042) dengan nilai Sig 0,004 < 0,05. Dalam perspektif Ekonomi Islam Allah swt memerintahkan umat islam untuk senantiasa berlomba-lomba dalam kebaikan seperti hendaknya kita giat bekerja serta berloma dalam segala kebaikan baik sholat, bersedekah, menuntut ilmu, dan amalan-amalan positif lainnya. Kita harus berkompetisi dalam melakukan hal-hal yang positif. Dampak positif yang dihasilkan dari kompetisi dalam kebaikan yaitu terciptanya kondisi kehidupan yang dinamis, maju, dan senantiasa bersemangat untuk berkreasi dan berinovasi. Kata Kunci : Orientasi Wirausaha, Kompetensi Wirausaha, Daya Saing, UMKM Daerah Lampung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:18
Last Modified: 26 Jan 2021 05:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/13000

Actions (login required)

View Item View Item