PENINGKATAN AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROLE MODELS PADA SISWA KELAS VII SMP SURYA DHARMA 2 BANDAR LAMPUNG

Fadhilah, Nur (2017) PENINGKATAN AKHLAK MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE ROLE MODELS PADA SISWA KELAS VII SMP SURYA DHARMA 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, IAIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of BARU.pdf]
Preview
PDF
Download (4MB) | Preview

Abstract

Akhlak mempunyai pengaruh besar terhadap individu manusia dan terhadap suatu bangsa. Ajaran – ajaran akhlak sebagai mana yang dicontohkan oleh Rasulullah saw dalam kehidupan sehari – hari, seperti yang terdapat di beberapa ayat al - Qur’an yang menjelaskan tentang akhlak mulia Rasulullah. Latar belakang penelitian ini yaitu masih rendahnya akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Salah satu penyebab rendahnya akhlak siswa dikarenakan guru belum menggunakan strategi yang dapat menarik perhatian siswa pada saat proses belajar mengajar untuk memudahkan siswa mempelajari materi pendidikan agama Islam. Oleh karena itu untuk meningkatan akhlak siswa dilakukan melalui strategi pembelajaran aktif tipe Role Models, peserta didik akan lebih mudah memahami akhlak terpuji melalui figur – figur yang menurut mereka dapat dijadikan panutan. Tujuan penelitian untuk mengetahui peningkatan akhlak melalaui strategi pembelajaran aktif tipe Role Models pada siswa kelas VII SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dimana objek penelitian hanya berpusat pada peningkatan akhlak siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam dengan strategi pembelajaran aktif tipe Role Models pada siswa kelas VII SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung. Adapun prosedur penelitian ini mencakup : Perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi dengan menggunakan metode observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Role Models dapat meningkatkan akhlak siswa kelas VII pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung dapat mengalami peningkatan akhlak siswa yaitu dari data awal akhlak siswa (pra survey) 30.30 % meningkat menjadi 51.51 %. Pada siklus II meningkat sebanyak 78.78 %. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui strategi pembelajaran aktif tipe Role Models dapat meningkatkan akhlak siswa pada siswa kelas VII SMP Surya Dharma 2 Bandar Lampung.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 22 Feb 2017 03:43
Last Modified: 22 Feb 2017 03:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/130

Actions (login required)

View Item View Item