MANAJEMEN PELAYANAN PADA JAMAAH UMROH PT. MADINAH AL-MUNAWAROH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG

SAMHARI, Hupsin (2021) MANAJEMEN PELAYANAN PADA JAMAAH UMROH PT. MADINAH AL-MUNAWAROH WAY HALIM BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI S A M H A R I.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PT. Madinah Al Munawaroh adalah salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa biro perjalanan wisata, pemesanan tiket pesawat, kereta api, hotel penginapan, serta perjalanan haji dan umroh. Namun dalam hal penulis ini hanya meneliti pelayanan pada jamaah ibadah umroh, yang memberikan pelayanan kepada calon jamaah umrah yang dalam pelayanan tersebut sangat memerlukan manajemen yang baik agar tercapainya tujuan lembaga tersebut. Tanpa adanya manajemen maka tujuan pelaksanaan ibadah umrah tidak dapat diwujudkan secara optimal, efektif dan efisien. Oleh karena itu maka lembaga ini memerlukan manajemen yang efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; Bagaimana manajemen pelayanan pada jamaah umroh PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung. Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam melaksanakan pelayanan PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang dilakukan di PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung. Penulis mengambil sampel dengan menggunakan purposive sample yaitu mengambil subjek berdasarkan ciri-ciri atau karakteristik yang telah ditentukan, maka sampel dari penelitian ini berjumlah 6 orang. Metode pengumpulan data yaitu melalui wawancara (interview), observasi dan dokumentasi, untuk mendapatkan data tentang manajemen pelayanan di PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung, dan setelah data terkumpul maka peneliti menganalisis data-data yang ada menggunakan metode analisa kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pelayanan ibadah umrah pada PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung, yaitu perencanaan PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung adalah mengecek kembali seluruh persyaratan dan kerjasamanya dengan instansiinstansi terkait. Pengorganisasian pada travel ini adalah mengelompokkan atau saling terkait antara divisi dengan divisi lainnya. Penggerakan yang dilakukan dalam hal ini adalah melalukan semua pekerjaan sesuai dengan tugasnya masingmasing. Pengawasan yang dilakukan adalah mengawasi seluruh rangkaian kegiatan apakah sudah sesuai dengan yang telah disepakati atau tidak. Pelayanan yang diberikan PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung ini meliputi administrasi, transportasi, akomodasi, konsumsi, dan kesehatan. PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung memberikan pembinaan manasik di Tanah Air 2- 3 kali. Dan PT. Madinah Al Munawaroh Way Halim Bandar Lampung terus membrikan pembinaan kepada alumni umroh dengan mengadakan pertemuan taklim, arisan, dan kegiatan sosial kepada jamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jan 2021 05:00
Last Modified: 26 Jan 2021 05:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12996

Actions (login required)

View Item View Item