KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN RUMAH DA’I DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG

Veni, Selviyani (2021) KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM PENGEMBANGAN RUMAH DA’I DI FAKULTAS DAKWAH DAN ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN INTAN LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Veni Selviyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupuninformal dari suatu organisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi organisasi dalam pengembangan rumah da’i di Fakultas Dakwah UIN Raden Intan Lampung. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian field research atau lapangan yaitu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Adapun sifat penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Dengan pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer di dapat dari hasil obsevasi, wawancara dan dokumentasi kepada anggota UKM Rumah Da’i. sedangkan data sekunder di dapat dari literatur buku dan pedoman kepustakaan. Adapun sample penelitian yang di gunakan sebanyak 10 orang dari seluruh pengurus UKM Rumah Da’i. Dari hasil penelitian dapat di ambil kesimpulan bahwa komunikasi organisasi dalam pengembangan Rumah Da;i di Fakultas Dakwah dan ilmu komunikasi UIN Raden Intan Lampung yakni sudah terbangun secara sistematik dimana komunikasi organisasi yang terdapat dalam UKM Rumah Da’i di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Raden Intan Lampung menggunakan teori yaitu downward Communication, dimana komunikasi organisasi UKM Rumah Dai juga mengaplikasikan upward communication yakni penyampaian pesan yang dilakukan oleh bawahan kepada atasan atau bisa dimaksudkan dari bawahan kepada atasan. Hal ini dirasa penting karena di dalam komunikasi organisasi secara bottom up ini dari bawahan dapat berpartisipasi dalam memberikan saran maupun pertanyaan terkait organisasi. Komunikasi ke atas ini merupakan salah satu upaya pimpinan memberi kesempatan kepada bawahan untuk mengutarakan ide dan gagasannya dalam mencapai keputusan untuk pengembangan lembaga. Keberhasilan dalam komunikasi porganisasi untuk pengembangan Rumah Da’i di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Rden Intan Lampung terdapat dua arus komunikasi organisasi baik internal maupun ektsernal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 25 Jan 2021 03:29
Last Modified: 25 Jan 2021 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12994

Actions (login required)

View Item View Item