PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING

MITA, RIYANA (2021) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1&2.pdf] PDF
Download (952kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DENGAN PENDEKATAN METAPHORICAL THINKING TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DITINJAU DARI SELF REGULATED LEARNING Oleh Mita Riyana Kemampuan pemecahan masalah merupakan kemampuan dalam berpikir yang terarah dalam menuntukan apa yang dilakukan untuk mengatasi permasalahan dengan tahapan memahami masalah, merancang pemecahan masalah, melaksanakan pemecahan masalah, serta memeriksa kembali hasil yang diperoleh. Penelitian ini dilakukan di MTs Riyadlatul „Ulum pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasy Experiment. Desain penelitian yang digunakan adalah posttesst-only control design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII MTs Riyadlatul „Ulum. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel kelas pada penelitian ini menggunakan teknik acak kelas. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui: Tes soal uraian (essay). untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Observasi untuk menilai model pembelajaran yang digunakan. Angket untuk mengungkap self regulated learning atau kemandirian belajar peserta didik. Pengujian hipotesis menggunakan anava dua jalan dengan taraf signifikansi 5% diperoleh hasil sebagai berikut: = 9,592 = 4,016 sehingga ditolak, = 7,683 = 3,165 sehingga ditolak, = 0,030 = 3,165 sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Inside Outside Circle dengan pendekatan metaphorical thinking terhadap kemampuan pemecahan masalah. (2) terdapat pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan self regulated learning terhadap kemampuan pemecahan masalah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inside Outside Circle, Pendekatan Metaphorical Thinking, Self Regulated Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:21
Last Modified: 21 Jan 2021 10:21
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12978

Actions (login required)

View Item View Item