PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK

Renny, Yuliyanti (2021) PENGARUH PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) BERNUANSA ISLAMI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS PESERTA DIDIK. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB1,2 DAPUS  RENNY YULIYANTI 1611050006.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL RENNY YULIYANTI 1611050006.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Rendahnya kemampuan komunikasi matematis di SMP Negeri 1 Way Bungur Lampung Timur disebabkan berbagai macam faktor, diantaranya anggapan bahwa pelajaran matematika sangat sulit, kurangnya rasa ingin tahu tentang matematika, dan kurang bervariasinya model pembelajaran, sehingga peserta didik masih cenderung pasif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis peserta didik yang menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami lebih baik dari pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Way Bungur Lampung Timur tahun 2020/2021 dan sampel merupakan peserta didik kelas VIII D sebagai kelas eksperimen dan VIII C sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa soal uraian (essay). Pengujian prasyarat analisis dilakukan dengan uji Liliefors untuk normalitas dan uji Bartlett untuk homogenitas, selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji N-Gain dan uji t independen. Perhitungan data dianalisis menggunakan SPSS 20 dan microsoft office excel. Hasil penelitian ini dengan rata-rata interpretasi N-Gain kelas eksperimen sebesar 0.7261 dan pada kelas kontrol hanya sebesar 0.6183 dapat dilihat bahwa rata-rata N-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Demikian dapat disimpulkan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Pengaruh pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) bernuansa Islami memberikan hasil yang lebih baik dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis peserta didik. Kata Kunci: Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI), Bernuansa Islami, dan Kemampuan Komunikasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:07
Last Modified: 21 Jan 2021 10:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12975

Actions (login required)

View Item View Item