PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE

PANCA, WIDYA (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_PERPUS.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of SKRIPSI_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru matematika kelas VII di SMP Negeri 16 Bandar Lampung matematika merupakan salah satu materi yang dianggap masih sulit dikuasai siswa kelas VII, terlihat dari sebagian besar siswa yang belum mencapai KKM. Semangat belajar siswa yang rendah, siswa kurang aktif dalam pembelajaran serta istilah-istilah ilmiah yang belum dipahami dimungkinkan menjadi penyebabnya. Penyebab lain yaitu keterbatasan variasi media pembelajaran khususnya media pembelajaran berbasis teknologi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang bertujuan menghasilkan pengembangan media pembelajaran matematika berbasis sparkol videoscribe serta mengetahui kualitasnya menurut ahli materi dan ahli media. Penelitian ini melibatkan peserta didik kelas VII di SMP Negeri 16 Bandar Lampung serta beberapa praktisi pendidikan sebagai penilaian media pembelajaran yang dikembangkan. Metode pada penelitian ini dilakukan menggunakan metode Research & Development model Borg and Gall yang telah dimodifikasi oleh Sugiyono yaitu: 1) Potensi dan Masalah, 2) Mengumpulkan Data, 3) Desain Produk, 4) Validasi Desain, 5) Revisi Desain, 6) Uji Coba Produk, 7) Revisi produk, 8) Ujicoba Pemakaian, 9) Revisi Produk Pemakaian, 10) Produksi Akhir, instrumen penilaian yang digunakan untuk melihat kualitas media pembelajaran yaitu lembar angket yang mencakup kualitas isi, kebahasaan, penyajian dan tampilan media pembelajaran. kualitas media pembelajaran dinilai oleh ahli materi dan ahli multimedia, praktisi pendidikan dan 54 peserta didik kelas VII. Data kualitas yang diperoleh masih dalam bentuk deskriptif kemudian diubah menjadi skor. Hasil penelitian pengembangan menunjukan bahwa telah dihasilkan media pembelajaran yang memenuhi kriteria kualitas kelayakan. Kualitas media pembelajaran yang dihasilkan secara keseluruhan adalah sangat baik (SB) dengan persentase kelayakan menurut ahli materi sebesar 84%, persentase kelayakan menurut ahli multimedia sebesar 85%. persentase kelayakan menurut peserta didik sebesar 93% disertai penilaian aktivitas belajar dengan skor keaktifan 91% dan respon positip peserta didik terhadap media pembelajaran yang telah dikembangkan. Sedangkan pada praktisi pendidikan diperoleh persentase kelayakan sebesar 84%. Berdasarkan penilaian tersebut, maka media pembelajaran yang telah dikembangkan termasuk dalam kriteria sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran matematika di SMP. Kata Kunci: Himpunan, Matematika, RnD, Sparkol VideoScribe.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 10:03
Last Modified: 21 Jan 2021 10:03
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12974

Actions (login required)

View Item View Item