PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

WIDIYA, RIZKITA (2021) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGURANGI PERILAKU BULLYING DI SMK KRIDAWISATA BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[img] PDF
Download (2MB)
[img] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Bullying verbal, artinya menyakiti dengan ucapan. Perilaku bullying yang terjadi di SMK Kridawisata yang penulis temukan adalah bullying verbal contohnya seperti sering memerintah, suka mengolok-olok dan memanggil nama dengan sebutan lain atau sebutan yang tidak baik perilaku tersebut dilakukan oleh beberapa peserta didik kepada salah satu teman dikelasnya yang terlihat pendiam.Penelitian ini bertujuan untuk menggali informasi tentang jenis bullying verbal yang seperti apa yang terjadi di sekolah, lalu faktor apa yang mempengaruhinya dan bagimana peran seorang guru Bimbingan Konseling di sekolah dalam mengurangi perilaku bullying verbal yang dilakukan peserta didiknya di SMK Kridawisata Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendeskripsikan permasalahannya, dengan desain penelitian study case yaitu studi kasus tunggal ( single case study ). Dan data serta informasi yang penulis dapatkan dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam ( indepth interview ) dan dokumentasi.Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa perilaku bullying verbal yang terjadi di SMK Kridawisata berupa perilaku saling mengejek, sering memerintah dan memanggil dengan sebutan lain atau sebutan yang tidak baik, faktor penyebabnya disebabkan karena lingkungan juga pergaulan peserta didik. Dalam mengurangi perilaku bullying verbal guru BK menggunakan layanan konseling kelompok.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jan 2021 06:29
Last Modified: 21 Jan 2021 06:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/12965

Actions (login required)

View Item View Item